School of Information Systems

KEUNGGULAN JURUSAN SISTEM INFORMASI

Sistem infromasi adalah salah satu jurusan yang dapat dipilih oleh seorang mahasiswa ketika ia ingin menginjak dunia perkuliahan. Namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui apa sebenarnya yang dipelajari dalam jurusan sistem informasi, tujuan dari sistem informasi itu sendiri, dan dapat bekerja sebagai apakah ketika lulus dari jurusan sistem informasi.

Banyak orang berpikir bahwa sistem infromasi (SI) merupakan jalur kedua karena mereka tidak dapat memilih jurusan teknik informatika (TI). Namun sistem informasi dan teknik informatika memiliki perbedaan yang sangat jelas. Teknik informatika (TI) sendiri memiliki arti sebagai berikut, Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Sedangkan, Sistem Informasi (SI) adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi.

Dalam hal pembelajaran sendiri teknik informatika (TI) lebih berfokus pada bagaimana cara merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat teknologi informasi yang ada dalam perusahaan. Sedangkan sistem informasi (SI) lebih berfokus kepada menganalisa kebutuhan dan proses bisnis perusahaan, serta mampu menghasilkan sistem yang sesuai untuk perusahaan berdasarakna tujuan perusahaan. Secara sederhana teknik informatika fokus kepada cara menghasilkan sebuah program (teknik pemograman), sedangkan sistem informasi lebih untuk menganalisa kebutuhan akan sistem dari suatu perusahaan dan menrancang sistem yang sesuai kebutuhan dan tujuan untuk perusahaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa selain belajar teknik pemograman dalam jurusan sistem juga mempelajari proses bisnis yang ada dalam perusahaan

Dalam peranan diperusahaan sistem informasi menjadi jembatan yang menghubungkan antara programmer dan para manajemen dalam perancangan sistem. Sistem informasi akan menaganalisa kebutuhan akan sistem dari para manajemen diperusahaan, kemudian menerjemahkannya menjadi suatu user requirement untuk diserahkan kepada bagian programmer untuk membangun sistem terserbut. Sehingga dalam perusahaan terkadang lulusan sistem informasi memiliki jabatan yang lebih tinggi dari jurusan teknik informasi.

Jabatan yang biasa dapat diambil dalam perusahaan oleh lulusan sistem informasi adalah Chief Information Officer (CIO) ini adalah jabatan tertinggi yang dapat dicapai oleh lulusan sistem informasi, atau sistem analis, yang berkerja sebagai penghubung antara user dan programmer, yang menentukan spesifikasi dan kebutuhan dari sistem baru, atau juga bisa menjadi web designer yang merancang sebuah website. Beberapa hal yang akan dipelajari dalam jurusan sistem informasi sendiri kira – kira adalah:

  • Sistem infomasi manajemen
  • Sistem pendukung keputusan
  • Sistem informasi eksekutif
  • Sistem pemrosesan transaksi
Hudiarto