School of Information Systems

Manfaat e-Learning dan Blended Learning dalam Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi yang semakin maju berpengaruh dalam dunia pendidikan, Saat ini banyak digunakan di banyak perguruan tinggi. Banyak cara yang di lakukan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi itu sendiri.Salah satunya yaitu proses pembelajaranelektronik yang lebih dikenal dengan e-learning serta penerapan blended learning dimana pencampuran antara pembelajaran on line dengan pembelajaran formal (face – to – face ). Pembelajaran elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning adalah cara baru dalam systembelajar dan mengajar dengan menggunakan teknologi internet, dimana seorang pengajar (dosen) maupun mahasiswanya dapat mengalami proses belajar mengajar tidak harushanya di kelas dan dalam waktu yang bersamaan. Adapun penerapan yang dilakukanselain dengan e-learning yaitu dengan blended learning. Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Manfaat dari penggunaan e-learning dan juga blended learning dalam dunia pendidikan saat ini adalah E-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. mahasiswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju empat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak.

E-learning memberikan kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar. Pembelajar bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia pahami, pembelajar bisa menghubungi instruktur, nara sumber melalui email, chat atau ikut dialog interaktif pada waktu-waktu tertentu. Bisa juga membaca hasil diskusi di message board yang tersedia di LMS (Learning Management System). Manfaat blended learning sendiri menambahkan kemudahan lebih dari sekedar e-learning karena dengan metode campuran maka memudahkan mahasiswa.

Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI