School of Information Systems

Using The SRW Package Pada ORACLE 10G

APLIKASI SRW PACKAGE

Menampilkan Pesan

Paket prosedur SRW.MESSAGE menampilkan pesan dengan kode dan teks, yang dispesifikasikan. Format dari pesan yang ditampilkan adalah: [kode pesan]: [teks]

Pesan ditampilkan dalam sebuah dialog-box kecil. Panjang dari kode maksimal 10 digit, jika kurang maka akan ditampilkan dengan diawali digit 0. Tiga jenis pesan yang dapat diproses yaitu pesan peringatan (warning), pesan kesalahan (error), dan exception (SRW.INTEGER_ERROR dan SRW.NULL_ARGUMENTS).

SRW.MESSAGE secara implisit tidak menghentikan eksekusi dari report. Untuk menghentikan proses report secara paksa, gunakan exception SRW.PROGRAM_ABORT.

Menjalankan Nested Report

Nested Report adalah report dimana terdapat bagian dari report yang disebut sebagai master dan detail. Gunakan SRW.RUN_REPORT untuk menjalankan report kedua dalam proses report.

Report-report tersebut berjalan dalam satu proses, tidak ada proses baru untuk setiap eksekusi dari report.

Exception dalam proses ini diantaranya SRW.RUN_REPORT_FAILURE dan SRW.RUN_REPORT_BATCHNO. Fungsi SRW.GETERR_RUN digunakan untuk menampilkan penjelasan dari error yang terjadi.

Pembatasan Data

Pembatasan jumlah maksimal dari record yang akan di-retrieve dengan query dapat dilakukan dengan SRW.SET_MAXROW; digunakan dalam trigger Before Report.

Gunakan SRW.PROGRAM_ABORT untuk SRW.MAXROW_INERR karena adanya masalah internal dalam report yang mengakibatkan hasilnya tidak terjamin.

Gunakan prosedur SRW.GET_PAGE_NUM untuk me-retrieve nomor halaman logical kedalam variable lokal pada PL/SQL.

Membuat Daftar Isi

Untuk melakukan formatting pada report bagian Main section, pertama gunakan prosedur SRW.SET_FORMAT_ORDER, kemudian gunakan report triggers untuk membuat tabel yang berisi list dari daftar isi.

SRW.GET_PAGE_NUM digunakan dalam trigger format untuk mengambil nomor halaman masingmasing topik pada daftar isi.

Reference

2003. Using Event-Driven Publishing. Oracle Application Server Reports Services Publishing Reports to the Web 10g. Oracle Corporation.

2004. Extending Functionality Using the SRW Package. Oracle Corporation.