School of Information Systems

Bagaimana Organisasi Mengelola Pengetahuan Dengan Pegawainya? (Part 1)

Bagaimana organisasi mengelola pengetahuan pegawainya adalah dengan cara mengadakan atau memberikan pelatihan/training yang sesuai dengan bidang atau skill dari pegawainya tersebut, training ini dilakukan terutama pada saat perekrutan pegawai baru, tujuan dilakukannya training ini salah satunya adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan skill dari pegawai tersebut yang berkaitan dengan proses bisnis serta tujuan perusahaan yang bersangkutan. Melalui training tersebut nantinya pegawai baru dan organisasi akan saling bertukar/sharing knowledge dimana organisasi akan memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan core business dari perusahaan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan skill dan kinerja pegawai tersebut sesuai dengan yang perusahaan inginkan dengan menggunakan bantuan tools KM yang ada diperusahaan tersebut sedangkan pegawai baru akan memberikan pengetahuan tacit dan skillnya kepada perusahaan agar perusahaan dapat mencapai target dan tujuan bisnisnya.

Dengan diadakan training tersebut nantinya perusahaan akan dapat menentukan hasil evaluasi atau penilaian terhadap pegawai selama masa training berlangsung, hasil evaluasi ini dapat digunakan perusahaan sebagai proses analisis untuk mengidentifikasi gap antara kompetensi yang dimiliki pegawai dengan kompetensi yang diharapkan oleh organisasi. Evaluasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, sehingga hasil pelatihan dapat ditujukan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Untuk mengolah evaluasi tersebut agar lebih memudahkan perusahaan untuk mengolah informasi dan menghasilkan sebuah knowledge guna menentukan keputusan selanjutnya perusahaan dapat memanfaatkan beberapa tools atau software yang dapat digunakan untuk mengolah pengetahuan tacit dari tim penilai menjadi explisit agar dapat didokumentasikan untuk kebutuhan selanjutnya. Proses training ini tentunya juga harus sesuai dengan kebutuhan manajemen dan juga harus dirancang agar kebutuhan tersebut dapat mencapai strategi perusahaan untuk tumbuh dan berkembang, sesuai dengan persaingan industri yang makin ketat sedangkan untuk pegawai training sendiri akan memberikan manfaat antara lain dapat meningkatkan knowledge dan skill dari pegawai sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan kinerja dan pengalaman pegawai tersebut dalam pekerjaanya.