School of Information Systems

IS/ IT Strategic Management

Ada perbedaan konsep antara strategic planning dan strategic management :

  • Strategic planning lebih mengarah kepada pembuatan keputusan tentang strategi yangoptimal, sedangkan strategic management berfokus kepada hasil dari penerapan strategi.
  •  Strategic planning berfokus terhadap variabel – variabel bisnis, ekonomi, dan teknologi; sedangkan strategic management fokusnya lebih luas lagi, mencakup aspek psikologi, sosiologi, dan politik.
  • Strategic planning merupakan suatu proses analitik, sedangkan strategic management merupakan proses yang lebih berfokus kepada action.

Beberapa aspek dari IS/IT Management :

  •  Pengelolaan terhadap sumber data dan informasi untuk memastikan bahwa business value telah dipergunakan dan dilindungi sepenuhnya.
  •  Pengelolaan aplikasi sebagai investasi perusahaan, pengelolaan proyek dan sistem operasional perusahaan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang dalam bisnis.
  • Pengelolaan terhadap teknologi informasi : dari mulai IT diperkenalkan, dikembangkan, dipergunakan, hingga ditingkatkan performanya.
  • Manajemen organisasi IS/IT, berhubungan dengan sumber daya, aktivitas, dan administrasi.

Peran divisi IT dalam perusahaan antara lain :

  • Sebagai user services : mengantarkan services, pengembangan sistem, system support, dan pusat informasi.
  • Manajemen arsitektur : perencanaan IT perusahaan, manajemen data, dan IT diffusion.
  •  Pengembangan teknologi : divisi IT berperan sebagai badan penelitian dan pengembangan IT di dalam perusahaan
  •  Peran umum divisi IT yaitu mengurusi administrasi terkait dengan IS/IT dan memastikan kualitas IT dalam perusahaan tetap terjaga dengan baik.

Peran strategis IT di dalam perusahaan :

  • IT sebagai cost center, di mana IT digunakan untuk keperluan operasional dengan tujuan efisiensi operasional. Salah satu aktivitas IT sebagai cost-center adalah melakukan outsourcing.
  • IT sebagai service center, di mana IT digunakan untuk mendukung strategi bisnis dan untuk menimalkan resiko.
  • IT sebagai investment center, di mana IT dapat digunakan untuk keperluan jangka panjang, dan menciptakan kapabilitas bisnis berbasis IT yang baru. Dengan adanya IT dapat memaksimalkan kesempatan atau peluang bisnis baru dalam perusahaan.
  • IT sebagai profit center, di mana layanan IT dapat diberikan kepada pihak eksternal untuk mendapatkan revenue dan mendapatkan pengalaman berharga dalam mencapai world-class IS function.

 16Juni4.1

Gambar : Contoh IS/IT Governance

 Framework yang dapat digunakan untuk menentukan kompetensi IS dalam organisasi :

 16Juni4.2

Gambar : Contoh IS/IT Governance