RANCANG BANGUN APLIKASI PEMASARAN DAN PENJUALAN UNTUK MEMANTAU DAN MENDORONG PERTUMBUHAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI INDONESIA SECARA TERPADU DAN BERKELANJUTAN
Judul | RANCANG BANGUN APLIKASI PEMASARAN DAN PENJUALAN UNTUK MEMANTAU DAN MENDORONG PERTUMBUHAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI INDONESIA SECARA TERPADU DAN BERKELANJUTAN (Research SI-2012-24) |
Skema | Penelitian dana internal (HIBAH BINUS) |
Tahun Anggaran | 2012 |
Ketua Peneliti | Diyurman Gea, S.Kom., MM |
Anggota Peneliti | Joni suhartono, S.Kom., MM; Honni, S.Kom., MM |
RINGKASAN DAN SUMMARY
Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah mengembangkan Aplikasi pemasaran/penjualan hasil kerajinan perusahaan UKM di Indonesia secara terpadu dan berkelanjutan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pemerintah dan lembaga swasta untuk memberi dukungan baik secara teknis maupun non-teknis. Manfaat yang didapatkan dari penelitian ini adalah membantu UKM untuk memiliki sistem yang terotomatisasi, memudahkan monitoring dan meningkatkan hasil penjualan. Metode yang digunakan untuk pencapaian tujuan tersebut adalah survei, observasi, wawancara, pengolahan data, analisis data, perancangan aplikasi, dan pembuatan aplikasi serta implementasi. Rencana kegiatan penelitian tersebut memerlukan waktu kurang lebih selama 3 tahun. Pada tahap pertama akan dimulai dengan analisis dan perancangan model basis data, dilanjutkan Development, deployment dan Testing Aplikasi pada tahap kedua, dan terakhir Implementasi dari Aplikasi dilaksanakan pada tahap ketiga.
Kata Kunci : Pemasaran, Penjualan, Usaha Kecil Menengah, Basis data, e-commerce