Aplikasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia
Judul | Aplikasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia (Research SI-2012-10) |
Skema | Penelitian dana internal (HIBAH BINUS) |
Tahun Anggaran | 2012 |
Ketua Peneliti | Hendra Achmadi S.Kom., MM., Macc. RFP® CBA® |
Anggota Peneliti | Johan S.Kom, MM; Jj.Rolles Herwin Sihombing |
RINGKASAN DAN SUMMARY
Abstrak
Penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apa pengaruh pola belajar Non PBL dan PBL dan faktor apa yang mempengaruhi pemahaman siswa dalam kelas PBL dalam mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, berbasis pada masalah atau problem yang dikenal dalam Problem Based Learning atau PBL agar dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dalam melakukan analisa dan perancangan berbasiskan object oriented, sehingga mampu bersaing di pasar tenaga kerja global. Didalam penelitian ini akan dilakukan penerapan pola pembelajaran dengan menggunakan case yang ada didalam metode problem based learning.Dan yang kedua akan dilakukan penilaian mahasiswa dalam kelas yang Non PBL dan Kelas PBL, dan yang kedua dalam kelas PBL juga diteliti factor-faktor apa yang mendorong proses pembelajaran mahasiswa dalam problem based learning, apakah materi, suasana kelas atau dosen yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa khususnya dalam hal ini dilakukan dalam mata kuliah analisa dan perancangan sistem informasi berbasiskan object oriented .Diharapkan dengan keberhasilan dan efektivitas model PBL dalam mata kuliah ini, dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan model pembelajaran pada mata kuliah lain, dan Jurusan-Jurusan serta Fakultas-Fakultas lain sesuai dengan karakteristik masing-masian ng dalam upaya mewujudkan sasaran strategis Universitas yaitu Global Employeeability.
Kata Kunci : Non PBL, PBL, Faktoi Pembelajaran, Object Oriented