School of Information Systems

Hal-hal Penting dalam Memulai BPM

BPM atau Business Process Management tentunya sebuah istilah yang sudah sering kita dengar. Sebuah bisnis tentunya terus berkembang, proses bisnis juga terus berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Seiring dengan perkembangan dimana teknologi menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. BPM sangan diperlukan agar proses-proses dalam perusahaan bisa efektif dan efisien serta flexible dalam mengikuti perkembangan. Selain itu juga, proses tersebut jika dikombinasikan dengan IT, bisa membuat sebuah proses yang terautomatisasi.

            Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan BPM:

  • Mendapat dukungan dari top management. Organisasi yang process centric, sebuah keputusan BPM pasti berasal dari top management. Jadi BPM akan berpengaruh untuk keseluruhan perusahaan, bukan hanya satu bagian departemen saja.
  • Matrix ini membantu dalam memahami apakah project kita sudah sesuai, terlalu pesimis atau terlalu luas.
    Memahami scope, impact dan komitment dalam melakukan BPM. Bisa dilihat dengan matrix berikut:

  • Menganalisa internal dan eksternal untuk memahami bisnis. Untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis, tentunya kondisi saat ini perlu dianalisa sehingga dapat membantuk strategi untuk kedepannya, bagaimana arah dan tujuan BPM yang diharapkan.
  • Process Architecture. Ini penting sekali sebelum bisa masuk ke IT arsitektur.

  • Pemetaan proses. Ini penting sekali, untuk memetakan proses yang ada saat ini sehingga bisa mengetahui tindakan selanjutnya untuk proses tersebut. Kata kunci dalam pemetaan proses ini adalah : Eleminasi, Menyederhanakan, Integrasi, Automatisasi.
  • Hal ini adalah salah satu yang paling penting dan selalu ada dalam setiap tahapan BPM. Komunikasi ini sangat penting agar dalam perencanaan hingga pelaksanaan, agar yang dikerjakan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Karena tentunya BPM ini melibatkan banyak pihak, komunikasi harus terus berjalan agar tujuan utama selaras dan setiap perubahan atau perkembangan tidak menjadi miss communication.

Referensi :
Jeston, John and Johan Nelis. (-). Business Process Management Practical Guidelines to Successful Implementations. . Elseveir Ltd. Springer. . ISBN: 978-0-75-068656-3

Fransisca

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031