People Innovation Excellence
 

Data Mars

Perkembangan teknologi informasi semakin lama berkembang menjadi semakin kompleks dalam bisnis. Dimana teknologi informasi tersebut dituntut dapat memberikan kemudahan kepada manager dalam menganalisa, memecahkan masalah, memperoleh laporan – laporan perusahaan, mengirim data antar department, membuat keputusan – keputusan yang stategis dan lain – lain. Keputusan – keputusan yang strategis sangat penting untuk memajukan suatu perusahaan.

Semakin berkembang suatu bisnis perusahaan maka data – data yang akan disimpan semakin bertambah. Maka suatu perusahaan semakin memiliki tantangan untuk mencari cara yang tepat untuk menyimpan data – data tersebut sebagai suatu sumber pengetahuan yang terintgrasi untuk keperluan perusahaan dalam menganalisa maupun mengambil keputusan. Salah satu solusi untuk memecah masalah penyimpanan data perusahaan adalah dengan menerapkan sistem operasi data wareahouse dan data mart.

Data Mart adalah bagian dari data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasional pada suatu perusahaan. Fungsi dari data mart adalah untuk memberikan informasi pada segmen fungsional perusahaan. Data JKE dapat diartikan sebgai miniature dari data warehouse sendiri.

Perbedaan data mart dan data warehouse

Arsitektur data mart dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Dependent Data Mart (INMON ADVOCATED): berlaku sebagai komponen atau suatubagian dari enterprise data warehouse. Data mart dibangun dengan extract data dari data warehouse.
  2. Independent Data Mart (KIMBALL ADVOCATED): dibangun dengan cara extract langsung dari berbagai source system.

Keunggulan dari data mart, yaitu:

  1. Akses lebih mudah pada data yang sering dipergunakan
  2. Fleksibel dan mudah dibuat
  3. Peningkatan pada respon – time dari users akhir
  4. Biaya lebih murah dibandingkan data warehouse
  5. Mempunyai definisi users yang lebih jelas dari suatu gudang data

Kekurangan dari data mart adalah penilaian LAN yang berbasis system management database tidak dapt dilakukan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close