People Innovation Excellence
 

Introduction to Package Diagram

Package diagram merupakan salah satu dari jenis UML (Unified Modeling Language) yang digunakan untuk mengelompokkan elemen-elemen model dari use case dan class diagram. Package Diagram memisahkan tampilan, domain, dan akses data ke dalam paket yang terpisah. Dengan adanya diagram ini, dapat mempermudah pembuatan sistem dengan cara mengumpulkan atribut-atribut yang sejenis. Masing-masing paket diberi nama yang sesuai dengan isinya, oleh karena itu package diagram dapat digunakan untuk beberapa keperluan dan kebutuhan. Kegunaan package yang paling umum adalah untuk mengelompokkan class.

Notasi yang terdapat pada Package Diagram:

  • Package: Sekelompok dari elemen-elemen model dan setiap Package akan diberi nama.
  • Import: suatu dependency yang mengidentifikasi tujuan Package secara umum yang ditambahkan ke dalam sumber
  • Access: suatu dependency yang mengidentifikasi tujuan Package secara umum yang bisa digunakan pada nama sumber Package

Fungsi dari Package diagram:

  • Memperlihatkan bagaimana elemen model diorganisasikan/dikelompokkan ke dalam setiap
  • Packages digambarkan sebagai sebuah direktori (file folders) yang berisi model-model elemen.

Di bagian bawah merupakan gambaran Package Diagram secara keseluruhan.

 

REFERENCES

GUMANTI, M., GUMANTI, M., & lengkapku, L. (2018). diagram uml. Retrieved from http://mukti362.blogspot.com/2012/09/diagram-uml.html

indrian, d., indrian, d., & lengkapku, L. (2018). Package Diagram. Retrieved from http://dian-indrian.blogspot.com/2013/06/package-diagram.html

John W. Satzinger. (2012). Introduction to systems analysis and design : an agile, iterative approach. 06. Course Technology. Canada. ISBN: 9781111972264.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close