People Innovation Excellence
 

Membuat User Interface yang baik

User interface (UI) merupakan cara sebuah program dengan pengguna untuk saling berkomunikasi atau bisa dikatakan sebagai segala sesuatu yang dirancang menjadi sebuah perangkat informasi, dimana pengguna dapat melakukan sebuah interaksi dengan sebuah program dengan lebih mudah. Media yang dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan program (apliksi atau website) dapat berupa tampilan layar (layout), keyboard, dan mouse.

Untuk itu, kita perlu belajar untuk merancang User Interface yang baik itu seperti apa dan bagaimana. Kunci dari sebuah User Interface aplikasi atau website yang bagus atau menarik adalah kemudahan pengguna dalam menggunakannya. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam merancang User Interface yang baik:

  • Konsisten

Yang harus diperhatikan adalah apakah User Interface tersebut Konsisten atau tidak. Ketika pengguna tahu cara melakukan sesuatu, mereka dapat melakukannya kembali. User Interface yang konsisten dapat meningkatkan efisiensi mereka dalam menggunakan aplikasi atau website.

  • Sederhana

User Interface yang bagus adalah User Interface yang sederhana. Sederhana ini maksudnya adalah didalam aplikasi atau website tersebut tidak terdapat elemen yang tidak diperlukan, hanya terdapat elemen-elemen yang kira-kira dibutuhkan oleh pengguna ketika menggunakannya.

  • Mengetahui siapa pengguna anda

Pelajari kira-kira siapa yang akan menggunakan dan apa yang menjadi tujuan dari pengguna ketika menggunakan aplikasi atau wesbite.  Kemudian pelajari juga kemampuan dan pengalaman pengguna dalam berinteraksi antarmuka atau komputer.

  • Penempatan/Layout

Tujuan pertama dalam membuat desain User Interface adalah pengguna nanti tidak akan kesulitan dalam menjelajah isi aplikasi atau website.

REFERENCES
Contoh 16 Prinsip Membangun Interface Yang Baik | Putra Aditya. (2018). Retrieved from http://putraaditya.ilearning.me/?p=169
User Experience dan User Interface | UX Indonesia. (2018). Retrieved from http://uxindo.com/user-experience-dan-user-interface/
Tips dalam Membuat Desain Antar Muka (User Interface) yang Mudah Digunakan – Sekolah Desain. (2018). Retrieved from https://idseducation.com/articles/tips-dalam-mendesain-user-interface-yang-mudah-digunakan/

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close