People Innovation Excellence
 

MENEMUKAN CARA INOVATIF UNTUK DECISION MAKING DAN PROBLEM SOLVING DENGAN DESIGN THINKING

MENEMUKAN CARA INOVATIF UNTUK DECISION MAKING DAN PROBLEM SOLVING DENGAN DESIGN THINKING

Saat ini, kompetensi pasar menjadi agresif sehingga perusahaan perlu membangun produk inovatif yang dapat membuat perbedaan di pasar. Pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang inovatif merupakan prasyarat untuk kinerja dan kesuksesan bisnis. Pengambilan keputusan bisnis dan pemecahan masalah bisa sulit. Jika suatu organisasi tidak mengelola keputusannya dan gagal untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan segera, itu akan berdampak pada penjualan, laba, kepuasan pelanggan, pangsa pasar, dan pengeluaran.

Meskipun setiap organisasi terlibat dalam pemecahan masalah terus-menerus dan membuat keputusan dengan benar, sering terburu-buru mencoba memecahkan masalah tanpa melibatkan proses berpikir, sumber daya, dan kompetensi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses.

Design thinking terbukti sebagai alat pemecahan masalah bagi setiap bisnis untuk mencapai hasil yang sukses. Design thinking membuat organisasi untuk mengeksplorasi kebutuhan pelanggan, untuk mencoba lebih banyak inovasi dan meminimalkan risiko. Design Thinking sering digambarkan sebagai alat untuk perusahaan yang ingin menjadi lebih produktif.

Ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan design thinking dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dalam bisnis:

  1. Penemuan

Pelajari tentang pelanggan Anda kepada siapa Anda merancang dengan observasi dan wawancara. Pahami masalah dan temukan kebutuhan dan wawasan mereka.

  1. Penelitian

Bangun sudut pandang berdasarkan kebutuhan dan wawasan pelanggan, Bagian design thinking ini melibatkan melakukan riset pengguna ke motivasi dan perilaku, studi lapangan, dan wawancara serta meninjau peta pengalaman.

  1. Brainstorming

Brainstorms adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan banyak ide hebat dan dan biasanya menghasilkan banyak solusi inovatif.

  1. Usulkan Strategi untuk diimplementasikan.

Selama proses ini, penting untuk menyambut dan bereksperimen pada setiap ide yang muncul di pikiran. Ide-ide ini kemudian dapat memberikan solusi untuk strategi yang telah saya terapkan untuk mengatasi masalah tertentu.

  1. Pengambilan keputusan

Tentukan strategi terbaik berdasarkan kriteria seperti keinginan, kelayakan produksi, dan kelayakan bisnis.

  1. Implementasi

Setelah Anda memilih strategi terbaik, saatnya mengembangkan rencana tindakan. Mulailah dengan mengidentifikasi sumber daya dan tindakan yang akan memungkinkan Anda untuk menerapkan strategi yang Anda pilih. Pada titik ini, sumber daya dilakukan, pengujian akhir dilakukan dan strategi dikerahkan. Umpan balik pengguna dikumpulkan dan perbaikan dapat dilakukan berdasarkan masukan itu.

Apa manfaat dari Design Thinking dalam bisnis?

  • Design thinking akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena design thinking berfokus pada kebutuhan pelanggan yang berasal dari eksperimen nyata yang memberi kita keuntungan lebih tinggi dan nilai pemegang saham.
  • Design thinking membantu karyawan dan rekan kerja untuk meningkatkan teknik observasi mereka untuk lebih memahami motivasi pelanggan.
  • Design thinking membantu menciptakan situasi yang berbeda dalam memecahkan masalah melalui proses struktur.

Sumber : https://www.linkedin.com/pulse/finding-innovative-decision-making-problem-solving-dharmawanto-lim/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close