School of Information Systems

Push Notification

Push notification merupakan suatu pesan yang diberika oleh sebuah perusahana atau pembuat website / aplikasi yang digunakan untuk meminta izin atau mengingatkan pengguna tentang apa yang harus di perhatikan untuk menggunakan atau mengakses website / aplikasi tersebut. Pada mulanya, push notification sendiri belum terlalu terkenal dan digunakan perusahaan – perusahaan untuk kepentingan bisnis mereka. Hal ini dikarenakan belum berkembangnya teknologi dan informasi pada masa itu yang dimana push notification ini hanya dapat di temukan di website – website saja. Berikut contoh push notification pada website.

Biasanya push notification yang sering ditemui di website – website saat ingin menggunakan software flash atau allow location untuk menggunakan website -website tersebut. Tetapi lama kelamaan teknologi dan informasi sudah mulai berkembang dan kemudian perkembangan smartphone pun semakin pesat. Push notification pun masuk pada smartphone tersebut. Pada smartphone, push notification dimaksimalkan kegunaannya. Berikut contoh push notification dari website yang dimaksimalkan untuk smartphone.

Di era sekarang, push notification semakin berkembang. Banyak perusahaan – perusahaan e-commerce yang menggunakan push notification ini menjadi peluang bisnis. Bisa untuk promosi, mengirimkan update tentang e-commerce tersebut, untuk informasi, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, muncul juga beberapa puluang bisnis – bisnis dikarenakan push notification ini sendiri yaitu dengan meningkatkan engagement pelanggan.

Berikut alasan menggunakan push notification :

  1. Mendapatkan insight tentang perilaku pengguna

Push notification mampu memberi perusahaan informasi analitik tentang data terkait perilaku pengguna, mulai dari perangkat yang digunakan, bagaimana orang menggunakan aplikasi Anda, hingga situasi seperti apa yang mampu menghasilkan engagement paling tinggi.

  1. Sangat mudah untuk digunakan

Dibandingkan dengan email, push notification relatif lebih mudah ditangani oleh pengguna. Push notification hanya memberikan informasi penting yang memang dibutuhkan pengguna, membuatnya efektif dan sangat user-friendly.

  1. Meningkatkan engagement dengan pengguna.

Tidak hanya meningkatkan engagement, push notification juga mampu membantu untuk memperbaiki retensi. Misalnya, seorang pengguna sudah lama tidak membuka aplikasi perusahaan. Dengan mendapat push notification dari perusahaan, kemungkinan untuk mereka kembali menggunakan aplikasi perusahaan akan lebih besar.

  1. Pelanggan memiliki kontrol lebih

Pengguna memiliki kontrol total terhadap aplikasi mana saja yang bisa mengirimkan push notification. Mereka bahkan bisa memilih tipe notifikasi yang dikirimkan dari setiap aplikasi.

Viriya Halim

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031