People Innovation Excellence
 

MANFAAT PENGGUNAAN ORACLE

Oracle merupakan Relational Database Management System (RDMS) dlam perusahaan Oracle yang di bangun pada tanggal 1977 oleh Bob Miner, Ed Oates, dan Larry Ellison. RDMS sendiri adalah sistem untung mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Pertama kali, Oracle dapat di pakai secara umum dengan menyediakan software database yang dapat di gunakan untuk kebijakan konvensional untuk mengolah data pada skala yang sangat besar dan data-data yang sanagat banyak dari pemakai. Oracle juga dapat berguna sebagai platform, Oracle memberikan alternative yang luas untuk pengembangan dan pembangunan aplikasi. Dengan memberi dukungan terhadap JAVA, Oracle juga memberikan solusi untuk PHP. Dengan memiliki Technology Cluster Server, yaitu misalnya terdapat lebih dari 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut bekerja menjadi 100 aktif server. Selain itu, Oracle juga memiliki tingkat fleksibilitas dan skalabulitas yang tinggi untuk memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan akan bertambah besar dari waktu ke waktu. Berjalan pada lebih dari satu platform operasi juga merupakan daya Tarik tersendiri dari sistem yang dianggap sebagai software DBMS yang paling mahal sekaligus rumit ini. Memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan manajemen sistem Database mendukung penyebaran pemakaian-pemakaian produk Oracle di berbagai perusahaan multinasional maupun internasional.  Kelebihan yang lain adalah, Oracle dapat menawarkan OLTP yang lengkap dan solusi analitik yang mencangkup prosesor, storage, database,  middleware, serta aplikasi dan business intelligence software, ini akan meningkatkan kekuatan serta posisi kempetisi untuk hardware/software dengan riva seperti IBM. Kini Perusahaan Oracle sudah berkembang sangat besar dan menjadi raksasa di industri IT. Selain itu, untuk meningkatkan akselerasinya di industri IT, Oracle membuat keputusan terbaiknya yaitu dengan sepakat untuk membeli MICROS Systems lebih dari $5 miliar pada tahun 2014. Hal, ini akan menjadi keputusan terbesar yang diambil oleh Oracle setelah memutuskan untuk membeli Sun Micro System 4 tahun sebelumnya. Dengan mengambil Sun Micro System, Oracle meningkatkan posisi perusahaannya pasaran secara global dan juga menambah range produk dan service yang ditawarkan oleh Oracle. Dengan segala kelebihannya, teknologi yang ditawarkan oleh Oracle sekarang dapat ditemukan telah di aplikasikan di berbagai industri dan pusat data.

Kelebihan-kelebihan diatas mebuat perusahaan Oracle terkenal sampai seluruh dunia. Oracle yang terkenal dengan software DBMSnya yang mahal serta paling rumit di dunia, banyak yang melontarkan respon negatif terhadap Oracle ini. Antara lain seperti, Oracle terlalu sulit digunakan sehingga dianggap kurang simple serta tidak ramah terhadap user, selain itu, menurut beberapa user, Oracle sulit untuk dipelajari padahal Oracle ini tidak dapat digunakan oleh sembarang  orang, hanya tenaga professional yang dapat menggunakan Oracle ini. Complexitas dari pengintallan Oracle juga menjadi perhatian beberapa user. Biaya-biaya yang ditawarkan oleh Oracle juga menjadi salah satu bumerang untuk perusahaan itu sendiri sehingga di cap sebagai sistem mahal jika dibandingkan dengan sql server yang dapat digunakan secara gratis tanpa biaya sedikit pun. Banyak user yang berpendapat bahwa Oracle tidak memiliki perform yang lebih baik saat data bertambah ukurannya  dibandingkan oleh sql server yang dapat di gunakan secara cuma-Cuma. Spesifikasi yang tinggi untuk dapat menjalankan software DBMS Oracle agar berjalan secara stabil juga di pandang sebagai kekurangan Oracle. Dari kekurangan ini dapat dilihat bahwa Oracle tidak ddapat di aplikasikan di semua sistem perusahaan di berbagai level yang ada.

Dari semua kekurangan-kekurangan yang dituliskan di atas di bandingkan dengan kelebihan-kelebihannya yang telah di tuliskan sebelumnya, kesimpulan yang di dapatkan adalah Oracle memang mahal namun harga kadang kita akan mendapatkan apa yang kita bayar, Oracle menawarkan harga yang mahal namun yang ditawarkan dan di sediakan sesuai dengan harganya yang mahal. Kita tidak dapat menghandle database yang memiliki data yang sangat besar dengan hanya solusi yang simple, tentu saja ada yang di pertaruhkan atau kemampuan kemampuan luar biasa yang dapat dilakukan oleh ‘software mahal’ saat keadaan kritis. Selain itu fitur-fitur canggih yang dapat dilakukan oleh Oracle mungkin dapat membayar pendapat orang tentang komplexitasnya. Oracle ini memang complex dan mahal namun dapat emlakukan berbagai hal yang tidak dapat kita temui di tempat lain.


Published at :
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close