People Innovation Excellence
 

Cara Berhemat Ketika Kamu Jadi Pengangguran

Ketika kamu baru lulus kuliah dan sedang menjalani proses melamar kerja, maka bisa dikatakan itu waktu yang sulit. Karena kita akan mengalami fase menganggur dan tidak memiliki pemasukan apapun (kalau sudah tidak dibiayai orang tua). Tidak cuma bagi para freshgraduate, untuk kamu yang sudah bekerja kemudian memutuskan resign dari tempat kerja karena tidak cocok atau alasan lainnya, dan tengah menjalani masa tunggu hingga mendapat pekerjaan baru. Itu juga, fase yang sangat berat.

Dalam kondisi seperti itu, praktis kamu tidak mendapat penghasilan bulanan yang pasti. Kalaupun menjalani pekerjaan sebagai freelancer, itu belum tentu menjadi solusi karena penghasilan yang didapat sifatnya tidak menentu. Mau tak mau, kit harus melakukan penghematan pengeluaran selama menjadi pengangguran. Bagaimana caranya? simak tips berikut :

  1. Makan Di Rumah

Usahakan untuk tidak membeli makanan di restoran atau kafe, karena bagaimanapun juga mengolah sendiri makanan biayanya lebih murah dan sehat. Hindari makan di tempat-tempat yang serba fast food atau cepat saji. Kamu bisa mulai berbelanja bahan makanan di pasar tradisional seperti beras, daging ayam, sayuran, buah, dan bumbu dapur untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Jika perlu, belilah bahan makanan itu dalam ukuran kilogram yang lebih besar, bukan eceran. Harganya tentu akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di supermarket. Olah kebutuhan makanmu sendiri selama masa menganggur untuk menghemat biaya makan.

  1. Hentikan Kebiasaan Buruk Yang Tak Sehat

Apa saja kebiasaan buruk yang berpotensi menghaburkan banyak uang? Banyak. Salah satunya adalah merokok. Percaya atau tidak, uang yang dikeluarkan akibat hal itu sangatlah banyak. Satu bungkus rokok yang kamu beli setiap hari, rupanya cukup untuk membeli kebutuhan makan selama satu hari atau untuk biaya transportasi ketika datang untuk wawancara kerja.

Bijaklah menggunakan uangmu selama dalam masa menganggur. Terlebih, rokok juga bisa berpengaruh buruk pula terhadap kondisi psikologis dan kesehatan. Lagipula, sudah tahukan akibat dari merokok yang banyak disebutkan oleh ahli kesehatan? Karena itu, jangan perburuk situasi dan segeralah berhenti.

  1. Gunakan Transportasi Alternatif

Pengeluaran untuk membeli bensin mobil harus kamu pertimbangkan untuk dikurangi, begitupun untuk motor. Jika mau pergi ke suatu tempat untuk keperluan tertentu, cukup gunakan transportasi publik lokal untuk menghemat pengeluaran di sector ini. Pertanyaannya, bagaimana kalau ongkos untuk mencapai tempat yang dituju sangat mahal. Hal yang sebaliknya bisa dilakukan untuk menghemat biaya. Namun, usahakan untuk tidak mampir ke tempat lain yang berpotensi membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang disamping untuk bensin ya.

  1. Buat Rencana Pengeluaran yang Realistis

Di tengah situasi keuangan yang tak pasti saat kamu jadi pengangguran, membuat rencana pengeluaran adalah wajib hukumnya. Dalam rencana pengeluaran tersebut, ingat satu hal bahwa kamu harus membuatnya serealistis mungkin. Hindari belanja barang yang tak dibutuhkan dalam waktu dekat dan tetaplah memasukkan anggaran untuk kebutuhan rutin seperti makan dan biaya transportasi.

  1. Negosiasikan Harga Sewa Kost atau Rumah

Jika kamu tinggal di fasilitas sewa, coba negosiasikan dengan pemilik kost atau rumah kamu tentang harga sewa atau jangka waktu pembayarannya. Misalnya, Anda bisa membayar biaya kost atau sewa rumah dalam dua termin. Jika Kamu berkomunikasi dengan baik dan jujur pada pihak penyewa, maka dia akan mengerti.

  1. Jangan Ragu Menerima Bantuan Uang

Jika teman atau keluarga kamu mengulurkan bantuan berupa pemberian uang, jangan ragu untuk menerimanya. Anggap saja sebagai pinjaman lunak, jika kamu sudah bekerja dan punya penghasilan tetap, maka uang itu bisa diganti.

Sabar, Jangan Perburuk Situasi Saat Menganggur.

Menjaga keuangan pribadi dalam situasi sulit ketika menjadi pengangguran memang tak mudah. Bayangkan kalau jika kamu tak mengelolanya dengan baik, justru yang terjadi adalah kita akan tertimpa masalah keuangan baru dan memperburuk situasi tersebut. Bersabarlah sejenak, usahamu melamar pekerjaan akan membuahkan hasil pada waktunya.


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close