People Innovation Excellence
 

PROBLEM DOMAIN DI DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM (Part 2)

Informasi spesifik dari objek biasa lebih dikenal dan disebut dengan attribut. Seorang system analist harus melakukan identifikasi atribut dari masing-masing class yang dibutuhkan oleh sistem. Atribut yang secara unik membedakan satu objek dengan objek lain disebut sebagai “identifier”, atau ”key” seperti: Kode Produk, atau nomor Transaksi, No KTP. Selain atribut identifier atau key, dikenal juga istilah attribut“Compound”. Atribut compound ini merupakan kumpulan dari atribut-atribut yang memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Contoh atribut compound bisa dilihat pada objek pelanggan. Dimana pada objek pelanggan ada atribut First Name, Last Name dan Surname. Kalau ketiga atribut tersebut digabung menjadi satu, maka atribut tersebut disebut dengan atribut compound.

Setelah menentukan kumpulan objek, sistem analist akan menentukan hubungan dari masing masing objek tersebut. Cara termudah untuk menentukan hubungan tersebut adalah dengan pemberian nama untuk masing-masing hubungan. Asosiasi diantara dua objek yang berbeda terjadi dalam dua arah. Contohnya untuk seorang pelanggan memesan, menjelaskan arah yang pertama dan kemudian order dipesan oleh pelanggan menjelaskan arah yang lain. Perlu diperhatikan juga mengenai jumlah dari asosiasi per-masing-masing objek tersebut. Contohnya. Pelanggan bisa saja memesan lebih dari satu order, tetapi sebuah order hanya bisa dipesan oleh satu pelanggan. Jumlah hubungan yang terjadi permasing-masing objek tersebut dikenal dengan multiplicity dari hubungan. Multiplicity memiliki banyak pilihan dengan dijelaskan oleh minimum diawal dan maksimum di akhir.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close