People Innovation Excellence
 

Faktor-faktor Pengajuan Kredit diTolak Bank

  1. Lokasi Usaha Tidak Ada

Sebagai wiraswasta, nasabah tentu wajib mencantumkan lokasi usaha/kantor yang dimilikinya. Pihak bank yang kesulitan/tidak bisa menemukan lokasi usaha nasabah akan menolak Permohonan kredit nasabah. Selalu cantumkan lokasi yang benar dan tepat sehingga pihak bank akan mudah untuk melakukan verifikasi.

  1. Jumlah Penghasilan yang Kecil

Meskipun bank telah menerima bukti penghasilan yang sesuai dengan kriteria mereka di dalam aplikasi pengajuan kredit nasabah, mereka akan tetap melakukan pengecekan lebih jauh untuk menggali kebenaran informasi tersebut. Jumlah gaji yang tidak sesuai/terlalu kecil akan menjadi alasan bank dalam menolak permohonan kredit.

  1. Telepon Rumah Tidak Bisa Dihubungi

Memang tidak semuanya. Namun, rata-rata bank akan membuat ini sebagai salah satu persyaratan. Bank akan menghubungi telepon rumah dan mencari tahu dari keluarga/orang yang tinggal serumah dengan nasabah. Hal ini dilakukan untuk memastikan data-data yang dicantumkan nasabah benar adanya. Pengajuan kredit akan berakhir penolakan jika bank tidak bisa menghubungi nomor telepon yang diberikan nasabah.

  1. Tempat Tinggal Tidak Ditemukan

Selalu ada kemungkinan pihak bank akan melakukan survei langsung ke rumah nasabah. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran dari data yang dicantumkan nasabah tersebut. Penolakan datang dari bank akibat alamat yang diberikan salah atau tidak ditemukan. Pengajuan pun mau tak mau berakhir dengan kegagalan.

  1. Informasi Negatif

Di dalam proses pengajuan kredit, bank perlu kejelasan yang didapatkan dengan cara mencari tahu langsung dari rumah, kantor, dan keluarga nasabah. Apabila dalam kegiatan ini bank menemukan informasi yang mencurigakan atau cenderung negatif, tak menutup kemungkinan permohonan kredit akan ditolak.

  1. Kemampuan Bayar Nasabah

Dalam menganalisis data nasabah, bank akan melihat kemampuan bayar nasabah menyangkut pengajuan yang dilakukan semisal kartu kredit. Rasio utang dan pendapatan akan menjadi tolok ukurnya. Apabila dirasa nasabah tersebut tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menerima sejumlah pinjaman baru, kredit tersebut akan ditolak bank.

  1. Jaminan Kredit yang Tidak Layak

Dalam beberapa jenis pinjaman, bank akan meminta jaminan dari nasabah. Nilai jaminan yang diajukan berada di bawah nilai kredit akan ditolak. Bukan hanya itu saja, berbagai alasan penolakan lainnya terkait dengan jaminan ini cukup banyak, di antaranya nasabah berada di lokasi banjir, tanah/bangunan yang bersengketa, dan berbagai alasan lainnya.

  1. Nilai Jaminan Terlalu Kecil

Dalam proses appraisal, bank menemukan bahwa nilai jaminan yang diajukan nasabah terlalu kecil dan tidak sesuai dengan jumlah pinjamannya. Temuan tersebut kemudian menjadi alasan bank untuk menolak pengajuan kredit.

  1. Keluarga Tidak Bisa Dihubungi

Nomor telepon keluarga dekat tidak serumah yang dicantumkan nasabah di dalam aplikasi pengajuan kredit sudah tentu akan dihubungi pihak bank sebagai pengecekan. Besar kemungkinan pengajuan kredit nasabah akan ditolak bila keluarga dekat tidak bisa dihubungi pihak bank.

  1. Riwayat Perbankan yang Buruk

Sistem Informasi Debitur (SID) yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) digunakan sebagai pertimbangan oleh bank dalam mengambil keputusan. Pengajuan kredit akan ditolak bank kalau nasabah bermasalah dengan SID.

  1. Dokumen Jaminan Tidak Lengkap

Terkait dengan pengajuan kredit yang membutuhkan jaminan, bank akan meminta dokumen asli. Nasabah yang tidak melengkapi dokumen dengan baik akan ditolak pengajuan kreditnya oleh bank.


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close