People Innovation Excellence
 

Aksiologi Ilmu Komputer (Part 3)

Pada tahun 1992, Institut Etika Komputer menciptakan ten commandment of computer ethics yang berlaku sebagai panduan dan instruksi kepada pengguna komputer agar menggunakan komputer secara etis. Adapun 10 aturan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tidak boleh menggunakan komputer untuk mengganggu orang lain, misalkan merusak file atau data orang lain
  2. Tidak boleh mengganggu pekerjaan komputer orang lain, misalnya, mengirimkan file virus ke komputer orang lain.
  3. Tidak boleh mengintai file komputer orang lain
  4. Tidak boleh menggunakan komputer untuk mencuri, misalkan mencuri data nasabah dari database bank
  5. Tidak boleh memberikan keterangan yang dusta, misalkan beberapa tahun lalu pernah dikabarkan di Twitter bahwa presiden Barrack Obama telah meninggal dan berita tersebut tergolong hoax.

  1. Tidak boleh menggunakan software yang memiliki license tanpa ijin
  2. Tidak boleh menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi atau kompensasi yang tepat
  3. Tidak boleh menyalahgunakan hasil karya pikiran intelektual seseorang, Misalnya, meng-copy source codes program dan menjualnya dengan nama seseorang adalah perbuatan tidak etis.
  4. Perhatikan dampak social dari program yang anda rancang atau buat, Misalnya, membuat program virus atau malware adalah perbuatan tidak etis.
  5. Gunakan komputer dengan respek terhadap sesama

Dengan pemaparan diatas maka jelas bagai mereka yang bergerak dalam bidang Komputer atau teknologi Informasi baik dalam penerapan maupun pengembangannya harus mematuhi kode etik tersebut.

Profesional yang bergerak dalam bidang ilmu komputer harus berusaha keras untuk mencapai kualitas dan sadar akan konsekuensi negatif yang mungkin timbul dari kualitas yang buruk dalam suatu sistem. Keunggulan tersebut pada akhirnya tergantung pada individu yang bertanggung jawab untuk memperoleh dan mempertahankan kompetensi profesionalnya. Pada saat yang sama Profesional yang bergerak dalam bidang ilmu komputer memiliki tanggung jawab untuk berbagi pengetahuan teknis dengan masyarakat dengan mendorong pemahaman komputasi, termasuk dampak sistem komputer dan keterbatasannya.

Adanya kode etik dalam bidang ilmu komputer yang kemudian dapat digunakan untuk memberikan gambaran ideal Profesional yang bergerak dalam bidang ilmu komputer juga menunjukkan bahwa bidang Ilmu Komputer ini mempunyai dimensi Aksiologi.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close