School of Information Systems

BAGAIMANA MENJADI SEORANG DBA (part II)

MENJADI DBA

Bagian yang sulit untuk menjadi DBA adalah mendapatkan pekerjaan pertama. Tidak ada manajer perekrutan yang ingin memberi pengguna catatan rekam jejak kunci barang paling berharga yang dimiliki perusahaan – data. Kesalahan tunggal oleh DBA dapat menyebabkan pemadaman atau hilangnya data yang dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan atau dalam kasus terburuk kegagalan perusahaan. Tentu saja DBA mungkin (dan mungkin akan) melakukan kesalahan; Tapi tantangan bagi manajer perekrutan adalah DBA pertama kali membuat kesalahan karena mereka tidak mengerti dampak penuh dari tindakan mereka. Banyak perusahaan hanya memiliki satu DBA tunggal dan tidak dapat mengambil risiko mempekerjakan ‘Junior DBA’ karena tidak ada staf yang memiliki waktu atau keterampilan untuk melatih mereka.

Sangat sedikit DBA yang memulai sebagai DBA. Banyak yang memulai sebagai pengembang dan saat mereka bekerja dengan database (hampir semua aplikasi memerlukan setidaknya satu database) mereka menemukan bahwa mereka tertarik pada sisi manajemen dari berbagai hal. Banyak yang memulai sebagai administrator jaringan / sistem yang mulai bekerja dengan database dengan melakukan pemasangan dan tambalan, mempelajari dasar-dasarnya dan kemudian menambahkan ketrampilan secara bertahap. Yang lain mulai sebagai penulis laporan atau mengerjakan pekerjaan ETL (ekstrak, transformasi, dan beban (load)). Terlepas dari titik awal mereka, mereka menunjukkan sebuah persaudaraan untuk data dan database – semuanya datang secara alami kepada mereka.

Sebagian besar DBA waktu pertama dipekerjakan dari staf yang ada. Mereka telah belajar bagaimana bisnis bekerja, telah menunjukkan etos kerja mereka, mendapatkan kepercayaan, dan menunjukkan bahwa afinitas untuk data yang kami sebutkan sebelumnya. Kombinasi dari mereka cukup sering untuk meyakinkan seorang manajer untuk mengambil kesempatan untuk memindahkan calon internal ke dalam peran DBA jika mereka tahu kandidat tertarik dan kandidat telah melakukan sesuatu untuk dipersiapkan untuk kesempatan tersebut. Jika Anda ingin menjadi seorang DBA, Anda harus siap menghadapi kesempatan itu dengan membangun keterampilan di atas dan di luar kemampuan Anda saat bekerja – Anda perlu mempelajari keterampilan dasar DBA.

SIAP Belajar

Belajar dasar-dasar membutuhkan tempat untuk belajar – laboratorium pribadi Anda sendiri. Untuk perangkat keras Anda memerlukan PC / laptop yang cukup modern yang menjalankan versi Windows yang baru-baru ini untuk pemasangan dan beberapa database (30G gratis untuk memulai), dan setidaknya memori 4G (lebih baik, tapi tidak diperlukan). Anda dapat selalu menginvestasikan lebih banyak lagi nanti – mulai dari yang kecil. Instal Edisi Pengembang gratis SQL Server pada platform virtualisasi pilihan Anda Download perangkat lunak dan cari tahu saat Anda pergi. Jika Anda membuat kesalahan, itu bagus – Anda akan belajar dari mereka! Atur sekali, lalu robek dan lakukan lagi. Luangkan waktu Anda dan perhatikan, pikirkan apa yang Anda lihat dan apa yang tidak Anda ketahui.

Sulistyo Heripracoyo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031