People Innovation Excellence
 

Pengenalan Aplikasi Pembuat Animasi Sederhana : Flash

Pengenalan Aplikasi Pembuat Animasi Sederhana : Flash

Saat ini sangat banyak aplikasi pengolahan animasi baik dalam bentuk animasi berbentuk 2D dan 3D. Salah satu aplikasi untuk membuat animasi 2D yang cukup banyak digunakan adalah Flash yang dikeluarkan oleh perusahaan adobe.

Flash adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, video, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, quiz interaktif, games dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.

  • Tampilan Utama Flash

Keterangan

  • Menubar

Menu bar merupakan kumpulan  menu / instruksi / perintah yang digunakan dalam flash. Menu Baru berisi

Menu Kegunaan
File Memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup file; menyimpan file, impor dan ekspor file; mencetak; mempublikasikan film untuk Web, melihat kembali ke file

versi sebelumnya, mengirim sebuah film lewat e-mail, dan

keluar dari aplikasi Flash.

Edit Memberikan perintah yang memungkinkan Anda membatalkan dan mengulang tindakan; potong, salin, dan paste ke dan dari Clipboard, menghapus, duplikat, pilih, dan objek hapus; mencari dan mengganti; copy dan paste seluruh frame dan gerakan pada Timeline; mengedit symbol ; set preferensi (Hanya pada Windows); menyesuaikan panel; dan membuat untuk perintah dengan shorcut keyboard (Hanya pada Windows).
View Membantu Anda mendapatkan tampilan yang lebih baik dengan membiarkan Anda memperbesar dan memperkecil tampilan (Zoom in dan Zoom Out), menampilkan atau menyembunyikan penggaris, grid, dan panduan, dan menentukan memilih pengaturan untuk penempatan objek yang lebih mudah.
Insert Memungkinkan Anda untuk memasukkan symbol; menyisipkan dan menghapus fitur Timeline, seperti frame dan keyframes; memasukkan layer, menambahkan efek animasi dan menambahkan scene
Modify Membantu Anda memodifikasi symbol, bitmap, bentuk, frame,

Fitur dan efek pada Timeline, scene, atau seluruh film (disebut dokumen). Terdapat juga alat untuk mengubah, menyelaraskan, pengelompokan, dan ungrouping objek, mengatur dan menyelaraskan objek, dan memecah sebuah objek menjadi objek-objek yang terpisah.

Text Memungkinkan Anda untuk memformat teks dan memeriksa ejaan.
Commands Memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali dan mengatur perintah yang telah disimpan sebelumnya. Sebuah perintah adalah setiap tindakan yang Anda ambil dalam Flash, seperti menggambar atau mengedit objek. Anda dapat menyimpan perintah dari History panel.
Control Menyediakan pilihan yang memungkinkan Anda mengontrol pemutaran animasi, uji animasi dan adegan; beberapa fungsi yang digunakan untuk menguji animasi; dan menghilangkan suara sementara dalam animasi.
Debug Menyediakan alat untuk melakukan debug terhadap kode ActionScript
Window Memungkinkan Anda untuk membuka banyak hal, termasuk membuat duplikat jendela, panel yang membantu Anda mengontrol objek, Library, Beberapa jendel untuk interaktif kontrol,  ruang kerja / stage, dan Explorer Film (untuk membantu mengelola animasi)
Help Pada menu ini, anda dapat menemukan berbagai panduan seputar pengunaan Aplikasi Flash

  • Timeline

Timeline merupakan area di mana anda dapat mengatur urutan dari pergerakan animasi anda. Timeline terdiri dari

Keterangan :

  • Layer

Digambarkan seperti tumpukan lembaran yang transparan objek yang berada di lembar paling atas akan menutupi objek di lembar bawahnya.

Kegunaan layer:

  • Untuk membuat animasi lebih dari satu
  • Untuk mengorganisasikan elemen dalam suatu movie
  • Agar tidak terjadi pengirisan antara 1 objek dengan objek yang laiinya
  • Agar bisa ditemukan objek dengan lebih cepat dan mudah.

Layer terdapat pada timeline panel dan mempunyai 5 mode:

  • Active Mode : menunjukan bahwa keterangan tersebut untuk mngerjakan sesuatu
  • Normal Mode : mode yang bias dilihat dan diedit ketika aktif
  • Lock Mode : ditandai dengan key; suatu layer terkunci sehingga objek tersebut tidak bias diedit
  • Hide Mode : ditandai film berwarna merah apabila layer tersebut disembunyi artinya berkonsentrasi penuh pada objek
  • Outline Mode : ditandai dengan kotak; objek tidak ditampilkan secara keseluruhan hanyagaris luarnya saja.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close