People Innovation Excellence
 

Click Fraud

Click fraud merupakan masalah yang sangat sering terjadi yang menyebabkan akun adsense seorang publisher di banned dan situsnya dihapus dari indeks google. Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Caranya yaitu dengan memasang iklan Google Adsense pada web/blog, jika ada orang lain atau pengunjung situs/blog yang klik iklan maka Anda akan mendapatkan komisi dari Google.

Apa itu Click Fraud?

Click Fraud adalah kegiatan mengklik iklan secara kontestual tanpa niatan untuk membeli barang atau jasa yang diiklankan. Click fraud ini umumnya bertujuan untuk membuat bangkrut pengiklan jika pelakunya adalah perusahaan pesaing sang pengiklan. Bisa juga untuk meningkatkan pendapatan/earning jika dilakukan oleh seorang publisher iklan.

Penipuan terhadap iklan secara online sudah seringkali terjadi dimana saja di dunia. Ini menjadikan masalah yang serius bagi google dan alamat web lainnya yang menampilkan iklan online. Cyber melakukan penipuan dengan cara melemahkan biaya pemasaran. Cyber lebih sering menyerang unutk menargetkan perangkat lunak yang berjalan grid listrik, sistem kontrol cloud computing, atau jaringan bank-bank besar dan lembaga keuangan.

Cara pendeteksian yang digunakan oleh Google dalam melacak click fraud adalah dengan mengamati data statistic klik yang diperoleh oleh sebuah akun adsense. Jika ternyata secara statistic terlihat data yang signifikan yang menunjukan kecurangan/ melanggar TOS (Term Of Services) Google Adsense, Anda akan di banned dan situs Anda akan dihilangkan dari indeks google.

Saat ini Google memiliki sebuah system untuk mendeteksi click fraud. System ini masih dirahasiakan cara kerjanya, jadi tidak ada orang luar yang benar-benar mengetahui bagaimana cara kerja system ini. Hanya saja google mengklaim bahwa sejauh ini metode yang digunakan berhasil.

Bagaimana cara mencegah Click Fraud?

Untuk mencegah terjadinya Click Fraud adalah dengan menginstal plugin browser ” adblockplush” pada browser mozilla anda. Caranya adalah, sebagai berikut:

  • Masuk kehalaman tools
  • Pilih sub menu pengaya dan lakukan pencarian dengan keyword ‘ adblockplush” kemudian anda instal hingga selesai dan restart browser
  • Pengaya akan terinstal otomatis dan button akan tampil di menu mozilla

Sumber:

http://www.efc-shareinfo.ga/2015/09/pengertian-dan-cara-mencegah-click-fraud.html

http://apaitugoogleadsense.blogspot.co.id/2013/12/Apa-itu-Adsense.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close