People Innovation Excellence
 

Pengenalan Mobile 2

Android saat ini tengah menguasai pasar ponsel dunia, dimana-mana orang menggunakan ponsel Android, bukan hanya ponsel, namun juga tablet dan bahkan jam pintar. Android hadir sebagai sistem operasi yang berjalan dibelakang layar dari perangkat-perangkat tersebut, dibuat oleh Google, dikelola dengan sangat serius hingga akhirnya kini di Google Play Store sudah terdapat lebih dari 2,2 juta aplikasi untuk perangkat Android. Data tersebut sudah cukup untuk mengantarkan sistem operasi Google ini menjadi terdepan, diikuti oleh iOS buatan Apple dan Microsoft Windows Phone.

Berikut ini adalah beberapa software aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai bekal untuk membuat aplikasi Android Anda sendiri.

  • Android Studio
    Android Studio adalah integrated development environtment (IDE) resmi untuk Android yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2013. Tools ini memiliki Virtual Device Manager yang memungkinkan untuk melakukan pengujian secara langsung tanpa perlu menggunakan perangkatnya langsung. Anda bisa men-debug aplikasi yang dibuat secara langsung menggunakan Android Device Manager.

  • Android NDK
    Android NDK(Native Developer Kit) menawarkan satu set alat yang memungkinkan Anda untuk memanfaatkan C dan C++ untuk mengembangkan aplikasi Android. Alat ini hadir dengan beberapa perpustakaan yang disematkan untuk memungkinkan para programmer menggunakan kembali kode sebelumnya dan memungkinkan para programmer untuk berinovasi.
    Google merilis Android NDK untuk mempengaruhi developer C dan C++ untuk meningkatkan jumlah aplikasi Android. Dengan demikian Anda tidak perlu untuk menjadi master Java untuk mengembangkan sesuatu bagi pengguna Android.
    Tool ini juga bisa dintegrasikan dengan Eclipse IDE dan Microsoft Visual Studio.

  • Unity3D
    Jika para programmer ingin mengembangkan sebuah aplikasi dengan pengalaman 3D, para programmer bisa menggunakan Unity3D. Alat ini menawarkan banyak API yang membantu membangun antarmuka aplikasi yang menarik. Selain itu bisa juga memanfaatkan fitur high-end dari mesin untuk membangun game ponsel 3D.

  • Qt for AndroidQt for Android cocok untuk programmer dengan pengatahuan tentang C++ dan QML. Perusahaan Qt telah merancang Qt for Android untuk memudahkan para programmer. Framework ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan aplikasi Qt 5 pada perangkat dengan Android 4.1 (API level 16) atau diatasnya. Selain itu, tersedia juga beberapa solusi sederhana untuk menangani konten media.

  • Xamarin
    Secara ironis Microsoft juga mendukung pengembangan aplikasi Android menggunakan Xamarin. Ini adalah salah satu tool yang paling baru dan mungkin yang paling mudah untuk mengembangkan aplikasi, bukan hanya aplikasi Android, namun juga iOS terbaru dan aplikasi Windows.
    Xamarin menggunakan bahasa C# untuk mendesain aplikasi Android.

  • Appiventor
    Pada mulanya Appinventor dipakai untuk para developer pemula, namun kini sudah dihibahkan menjadi milik MIT. Alat yang satu ini mewajibkan penggunanya mengerti bahasa program / koding. Namun jangan khawatir, kalau para programmer menemukan kesulitan, tersedia video tutorial didalamnya.

  • PhoneGap
    Bagi para programmer yang mahir menggunakan HTML, CSS dan Javascript tentu tidak akan mengalami kesulitan menggunakan PhoneGap. PhoneGap bukan hanya bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile Android, namun juga aplikasi mobile untuk iPhone, iPad, Palm, Windows Mobile, BB dan sebagainya. Cara kerjanya juga mudah, para programmer tinggal menulis program dalam HTML, CSS dan Javascript kemudian transfer ke compiler PhoneGap.

  • Conduit Mobile
    Conduit Mobile adalah alat untuk membuat aplikasi yang juga bisa diaplikasikan pada berbagai platform mobile. Aplikasi ini menyajikan konsep template yang siap untuk digunakan pada berbagai aplikasi buatannya. Tidak perlu kemampuan koding bahasa pemrograman sama sekali untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara lancar. Selain itu terdapat juga video tutorial pada websitenya.

  • iBuildApp
    iBuildApp memiliki keunggulan pada kecepatan. Kita bisa membuat aplikasi dalam waktu 5 menit saja dengan iBuildApp ini, makanya tidak heran jumlah aplikasi yang sudah berhasil dibuat dengan iBuildApp mencapai hampir 500.000an aplikasi. Aplikasi ini juga tersedia di App Store Apple, fiturnya juga cukup lengkap karena mendukung alat promosi, analytics, notifikasi dan pandapatan iklan.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close