People Innovation Excellence

Perancangan E-Business

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia? Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi  netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. (Hidayat, 2017) Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali se tiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Pada 2017, eMarketer memperkirakan netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.

Peningkatan jumlah penggunan internet berdampak pada pengaruhnya terhadap sektor bisnis di mana Internet juga telah mengubah konsep perdagangan tradisional menjadi perdagangan elektronik atau e-business. (SAMEYADI, 2016) E-business memungkinkan pertukaran informasi dimediasi elektronik, baik di dalam suatu organisasi dan atau dengan para pemangku kepentingan eksternal yang mendukung berbagai proses bisnis. (Chaffey, 2011)

Didalam pembanguannya e business memiliki berberapa tahapan diantaranya :

A. Tahap Perencanaan

Pada tahap perencanaan ini diawali dengan pembuatan dan penyampaian proposal Teknologi Informasi yang memuat hal-hal pokok yang menjadi prioritas-prioritas e-bisnis.  Diikuti dengan tahapan pemaparan kasus e-bisnis untuk perkembangan bissnis atau Investasi Teknologi Informasi (TI). Tahap akhirnya adalah penyampaian rencana aplikasi e-bisnis dalam bentuk pengembangannya dan penyebarannya.

B. Tahap Analisis

Dalam tahap analisis ini, pengembang sistem harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek penting yang  sangat berpengaruh didalam membangun Sistem informasi e-bisnis ini seperti :

1. Kelayakan teknis
2. Pengembailan ekonomis
3. Pengembalian non ekonomis
4. Hukum dan etika
5. Operasional
6. Jadwal

C. Tahap Perancangan

Dalam merancangan sebuah Sistem Informasi  e-Business harus memperhatikan  kebutuhan perusahaan e-business ,  Kebutuhan operator,     Kebutuhan pemakai  dan Kebutuhan teknis .

D. Tahap Penerapan

Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan  rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan  Implementasi untuk prosedur di dalam teknologi komputer akan menggunakan bahasa komputer.

E. Tahap Evaluasi

Pada tahap ini, dilakukan uji coba sistem yang telah selesai disusun. Proses uji coba diperlukan untuk memastikan bahwa sistem tersebut sudah benar. Karakteristik yang ditetapkan, dan tidak ada kesalahan-kesalahan yang terkandung didalamnya.

Selain itu terdapat beberapa strategi dalam mengimplementasikan e-business seperti yang di kutip dalam buku Chapter E-business strategy (Chaffey, 2011) diantaranya 11 faktor penentu keberhasilan, yang juga dapat berguna diterapkan untuk organisasi yang lebih besar:

  1. Content, penyampaian isi yang efektif dari produk atau jasa.
  2. Convenience, kegunaan dari situs web.
  3. Control, sejauh mana organisasi telah didefinisikan proses yang mereka dapat mengelola.
  4. Interaksi, sarana membangun hubungan dengan pelanggan individu.
  5. Komunitas, sarana membangun hubungan dengan kelompok-kelompok individu atau organisasi yang berpikiran.
  6. Sensitivitas harga, sensitivitas dari produk atau jasa untuk persaingan harga di Internet.
  7. Logo , kemampuan untuk membangun sebuah nama merek yang kredibel untuk e-commerce.
  8. Komitmen, sebuah motivasi yang kuat untuk menggunakan internet dan kemauan untuk berinovasi.
  9. Kemitraan, sejauh mana e-commerce venture menggunakan kemitraan (hubungan rantai nilai) untuk meningkatkan kehadiran Internet dan memperluas bisnisnya.
  10. Proses perbaikan, sejauh mana perusahaan dapat mengubah dan mengotomatisasi proses bisnis.
  11. Integrasi, Penyediaan hubungan antara sistem TI yang mendasari dalam mendukung kemitraan dan perbaikan proses.

Daftar Pustaka

Chaffey, D., 2011. E-business & e-commerce management : strategy, implementation and practice. 4rd ed. England: Pearson.

Hidayat, W., 2017. kominfo.go.id. [Online]
Available at: https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
[Accessed 8 January 2017].

SAMEYADI, 2016. risetdata.com. [Online]
Available at: http://www.risetdata.com/?p=758
[Accessed 09 01 2017].

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close