People Innovation Excellence

7 tips untuk meningkatkan kerjasama didalam tim

Membentuk sebuah tim yang baik untuk bekerja sama untuk mencapai visi bersama dan tujuan bersama bukan merupakan perkerjaan yang mudah. Terkadang ada beberapa hambatan ketika kita berkerjasama di dalam sebuah tim. Jika Anda seorang pemimpin tim, atau mengelola sebuah tim, berikut adalah 7 untuk meningkatkan kerjasama di dalam sebuah tim:

  1. Bersikap sebagai Pembimbing

Setiap tim membutuhkan seorang pemimpin besar yang bersedia untuk membimbing tim dalam bekerja dan membuat keputusan secara kolaboratif. Pemimpin tim juga harus berkomitmen untuk mencapai tujuan tim dan memiliki kemampuan komunikasi yang kuat untuk dapat berbagi semangat dan visi mereka untuk sukses.

  1. Membuat setiap anggota tim merasa dihargai

Sukses sebagai tim hanya bisa datang ketika setiap anggota tim menyadari pentingnya peran mereka dalam kesuksesan tim. Libatkan semua anggota tim dengan berbagi informasi yang tersedia yang relevan dengan tujuan / proyek dan tenggat waktu apapun.

  1. Menetapkan standar pencapaian yang tinggi

Setiap kali tim mencapai tujuan atau menyelesaikan tugasnya, Tetapkanlah tujuan yang lebih menantang bagi mereka untuk mendorong anggota tim agar mau belajar dan membangun kesuksesan mereka lebih dari sebelumnya. Berikan apresiasi kepada tim ketika mereka berhasil mencapai tujuannya masing-masing serta diskusikan bagaimana upaya tim mencapai tujuan.

  1. Diskusikan setiap masalah yang terjadi

Pada setiap pertemuan tim mintalah setiap anggota tim untuk berbagi proyek atau tugas mereka mungkin merasa terlalu susah dan mintalah anggota tim lainnya memberikan tanggapan terhadap masalah tersebut, berikan beberapa mentoring dan berbagi ide-ide kepada mereka untuk membantu menyelesaikan dilema atau kebuntuan.

  1. Mengakui bakat dan kontribusi yang unik tiap anggota tim

Setiap anggota tim membawa nilai untuk tim. Luangkan waktu dalam pertemuan untuk mengenali satu atau dua anggota. Pastikan setiap orang menerima pengakuan yang sama.

  1. Terimalah pertanyaan dan saran dari semua anggota tim

Ide-ide brilian bisa datang sebagai hasil dari pertanyaan yang tampak ‘bodoh’ pertanyaan Jadilah terbuka untuk masukan dari setiap anggota tim. Dukunglah ide-ide baru dari anggota tim.

  1. Celebrate

Rayakanlah tiap pekerjaan atau tujuan yang tercapai dengan seluruh anggota tim. Ajaklah mereka untuk sekedar makan-makan sebagai salah satu bentuk apresiasi atas kerja keras mereka di dalam tim.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close