People Innovation Excellence

Sistem Usaha Warung Sembako

Memulai usaha sembako, tentu perlu melakukan strategi pemasaran agar usaha semakin dikenal oleh pelanggan serta dapat menarik minat pembeli. Untuk stategi pemasaran usaha warung sembako yang paling efisien adalah melakukan promosi, baik dari mulut ke mulut, maupun dengan pemasangan sepanduk didepan usaha. Bisa juga diinformasikan tentang usaha sembako kepada tetangga maupun teman-teman, atau saudara yang ada disekitar tempat usaha.

Yang perlu dipersiapkan untuk pemasaran adalah :

  1. Promosi melalui spanduk

Selain promosi langsung, penggunaan spanduk besar di depan tempat usaha juga bias menjadi promosi bagi orang-orang yang melintas didepan usaha. Buatlah spanduk semenarik mungkin tentang usaha agar masyarakat melihat, tambahkan dengan nama usaha serta produk apa saja dijual, dengan begitu orang akan tahu, barang  apa saja yang dijual ditempat usaha.

  1. Buatlah Harga yang Selalu Bersaing

Pada saat pengunjung sudah mulai dating dan membeli produk usaha anda maka usaha yang dilakukan adalah dengan menawarkan harga yang bersaing, artinya menjual barang dengan harga yang sesuai dengan pasaran atau dengan harga yang lebih murah, jangan samapai menjual bara-barang dengan harga lebih tinggi disbanding dengan kompetiter usaha sembako. Pada umumnya pelanggan sering sekali membanding-bandingkan harga barang terutama pada kebutuhan pokok.

  1. Produk Yang Beragam Kualitas dan Merk

Untuk semakin menarik minat pembeli, siapkan barang yang beraneka ragam merk dengan mutu dan harga yang berbeda-beda. Tujuan membuat stok barang yang berbeda-beda agar memudahkan para pembeli untuk memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan serta untuk menjangkau berbagai kalangan.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam Berbisnis barang, tidak hanya diperlukan ketersediaan barang yang lengkap dan harga yang bersaing, tetapi pelayanan terhadap konsumen sangatlah penting.

Untuk membuat pembeli betah dan merasa nyaman pada saat membeli, berikan pelayanan terbaik. Diusahakan selalu memberikan pelayanan terbaik, ramah dan jujur kepada pembeli. Hal ini dapat menunjukkan sikap loyalitas terhadap pelanggan, sehingga konsumen akan merasa puas dan betah berbelanja di tempat usaha anda. Tumbuhkan kepercayaan terhadap usaha yang anda jalankan.

Kunci Suksenya  Peluang Usaha Sembako

Agar usaha yang anda jalankan tidak mengalami kerugian dan dapat berkembang dengan pesat, maka perlu melakukan kiat-kiat atau tips jitu. Persaingan warung sembako sangat tinggi, maka perlu memberikan nilai lebih pada usaha dibandingkan dengan yang lain agar para konsumen tetap setia berbelanja di tempat usaha anda.

Lakukan survey harga terbaru agar bis mematok harga yang sesuai, bahkan jika bias berikan harga yang lebih murah. Pada Prinsipnya , lebih baik mendapat laba sedikit namun loyalitas konsumen terjaga.

Menjaga agar konsumen merasa puas terhadap pelayanan serta agar mereka tidak berpihak ke warung lain, jauh lebih penting disbanding mengutamakan untung besar, selama tidak melakukan cara-cara yangburuk dan merugi. Lengkapi usaha dengan produk-produk yang sering dicari orang lain. Hal ini akan bisa banyak  didatangi konsumen dari berbagai lapisan.


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan,S.Kom.,MM
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close