People Innovation Excellence

PERANCANGAN BASIS DATA PEMBUATAN BILL OF QUANTITY DAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN KONTRAKTOR PADA PT MOUNZA MULTIKREASI

Ruang Lingkup

Untuk lebih mengarahkan penyusunan dan penulisan skripsi ini, maka kami akan membatasi ruang lingkup penelitian ini, yaitu meliputi sebagai berikut:

  1. Pembatasan hak akses hanya untuk lingkungan PT. Mounza Multikreasi yaitu direktur, project manager, bagian pembelian, dan bagian keuangan.
  2. Pendataan data klien, data karyawan, data pekerjaan, data barang, data pekerja, data proyek, data pengerjaan proyek, data bill of quantity, data purchase order, data supplier, dan data pembayaran.
  3. Pembuatan BQ (Bill of Quantity), daftar kuantitas yang memuat jenis pekerjaan, volume dan satuan pengukuran dari semua item pekerjaan yang akan dilaksanakan.
  4. Pembuatan PO (Purchase Order), daftar item yang akan di buat berdasarkan data dari BQ (Bill of Quantity)

Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari perancangan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Merancang sistem basis data PT. Mounza Multikreasi yang dapat mendukung proses bisnis pada perusahaan.
  2. Menyediakan aplikasi yang dapat mendukung dan memudahkan semua kegiatan operasional yang dilakukan pada PT. Mounza Multikreasi.
  3. Memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi dalam kegiatan operasional perusahaan untuk mempermudah direktur dan karyawan, seperti: mencatat data klien, insert dan update harga barang, insert dan update harga upah pekerja konstruksi, pembuatan BQ (Bill of Quantity), pembuatan PO (Purchase Order), dan pembuatan laporan keuangan.

Manfaat yang diperoleh dari perancangan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi kemungkinan kesalahan yang disebabkan oleh human error, seperti: kehilangan dan kerusakan data.
  2. Data-data perusahaan dapat terintegrasi dengan baik.
  3. Meningkatkan kinerja sistem PT. Mounza Multikreasi.

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode untuk melakukan penelitian.

Metode Pengumpulan Data

Metode dimana penulis terlebih dahulu memahami dan mensurvei mengenai sistem perusahaan yang sedang berjalan di PT. Mounza Multikreasi dan kemudian menganalisa kebutuhan apa yang diperlukan perusahaan tersebut. Pada tahap ini, dilakukan proses pengumpulan data dengan menggunakan teknik Fact-Finding dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Wawancara

Metode wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian terhadap pihak terkait dalam perusahaan untuk mengetahui proses yang sedang berjalan.

  1. Observasi

Metode observasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung ke PT. Mounza Multikreasi dan mencatat aspek-aspek yang telah diamati.

  1. Studi Pustaka

Mencari dan mengumpulkan informasi teoritis melalui buku-buku yang berkaitan dengan topik skripsi sebagai referensi dalam penyusunan skripsi.

Metode Analisis

Metode analisis ini didasarkan pada buku “System Analysis and Design in a Changing World” (John Satzinger, Robert Jackson and Stephen Burd, 2012, p57), Activity Diagram merupakan jenis diagram workflow yang menggambarkan aktifitas user dan aliran sekuensialnya.

Metode Perancangan

Metode perancangan ini didasarkan pada buku “Database System : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management” (Thomas Connolly and Carolyn Begg, 2015, p347). Terdapat beberapa tahap pada database lifecycle, sebagai berikut:

  1. Database Planning

Merencanakan bagaimana tahapan dari siklus hidup dapat direalisasikan paling efisien dan efektif.

  1. System Definition

Menentukan ruang lingkup dan batas-batas dari sistem database, termasuk pandangan pengguna utama, penggunanya dan area aplikasi.

  1. Requirements Collection and Analysis

Pengumpulan dan analisis persyaratan untuk sistem database baru.

  1. Database Design

Konseptual, logis, dan fisik desain database.

  1. DBMS Selection

Memilih DBMS yang sesuai untuk sistem database.

  1. Application Design

Merancang user interface dan program aplikasi yang menggunakan dan memproses database.

  1. Prototyping

Membangun model kerja dari sistem database, yang memungkinkan para desainer atau pengguna untuk memvisualisasikan dan mengevaluasi bagaimana sistem akhir akan terlihat dan berfungsi.

  1. Implementation

Menciptakan definisi database fisik dan program aplikasi.

  1. Data Conversion and Loading

Memuat data dari sistem lama ke sistem yang baru dan jika mungkin mengubah setiap aplikasi yang ada untuk dijalankan pada database baru.

  1. Testing

Sistem database yang diuji untuk kesalahan dan divalidasi terhadap persyaratan yang ditentukan oleh pengguna.

  1. Operational Maintenance

Sistem database sepenuhnya dilaksanakan. Sistem ini terus dipantau dan dipelihara.


Published at :
Written By
Evaristus Didik Madyatmadja, ST., M.Kom., M.T
Concentration & Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close