People Innovation Excellence

DATA WAREHOUSE PADA PT. CENTRAL NETWORK INDONESIA

Ruang Lingkup

Ruang lingkup penulisan laporan tugas akhir ini dibatasi pada analisis dan perancangan data warehouse pada bagian:

  1. Pembelian bahan pada supplier.
  2. Produksi pakaian, dimana produksi dilakukan oleh konveksi.
  3. Persediaan kain danbarang jadi yang ada di gudang perusahaan.
  4. Penjualan pakaian hasil produksi ke counter dan penjualan direct sales.

 

Tujuan dan Manfaat

Berdasarkan hal – hal yang telah diulas dalam latar belakang, tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah:

  1. Menganalisis kebutuhan informasi keputusan pada perusahaan.
  2. Merancang data warehouse sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan.
  3. Membuat suatu rancangan aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan pada informasi yang akurat.

 

Manfaat dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah:

  1. Menghasilkan laporan sesuai kebutuhan denganhasil yang cepat, tepat dan akurat.
  2. Menyediakan informasi berdasarkan kebutuhan user.
  3. Menghasilkan aplikasi yang dapat mempermudah dalam penyajian laporan kepada para eksekutif.

 

Tinjauan Pustaka

Dalam penutup di jurnalnya menurut Darudiato (2008:64), keuntungan dari pengimplementasian data warehouse diantaranya adalah mempertinggi akses end-user terhadap data yang lebih luas dan beragam, para pembuat keputusan bisnis dapat mendapatkan laporan yang mengikuti tren, meningkatkan kekonsistenan data dan produktivitas, mengurangi biaya,dapat mengombinasi data dari sumber yang berbeda pada satu tempat serta menyediakan infrastruktur yang dapatmendukung perubahan terhadap data dan penduplikasian dari perubahan data tersebut dikembalikan pada sistem operasionalnya.

Pencapaian kesimpulan yang terdapat dalam jurnal karya Huda, et al (2010:448) yaitu dengan adanya aplikasi datawarehouse, pengambil keputusan dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap, format yang lebih mudah dipahami dan variatif, informasi dapat dikaji dari beraneka dimensi sesuai yang dibutuhkan, lintas waktu, beragam skala dari tingkatan kumulatif hingga detail.Penyajian ini dapat membantu pengambil keputusan di perusahaan untuk lebih cepat memperoleh dan menganalisa data.

Dalam jurnalnya, menurut Halenar (2012:2), dalam merancang data warehouse meskipun data dari sumber data dalam format dan kondisi kualitasyang berbeda, tetapi juga harus secara signifikan menetapkan setiap input untuk output data yang akan dihasilkan.

Sedangkan menurut Rabuzin dalam jurnalnya (2012:128),ia menyimpulkan bahwadata warehouse dibangun dan digunakan sebagai sumber informasi dan bagaimana bisnis intelijen dapat digunakan untuk menganalisis data dalam warehouse yang dikembangkan.

Menurut Chandra(2010:597) dalam jurnalnya, dengan dibuatnya data warehouse pengaksesan informasi  menjadi lebih mudah karena data yang dibutuhkan sudah tersedia dan dapat dilihat dari segala sudut pandang. Data warehouse menghasilkan data yang konsisten, valid, dan akurat dalam bentuk laporan sehingga manager tidak perlu membaca dan menganalisis data dalam waktu yang cukup lama dan tentunya hal ini sangat mempermudah manager dalam mengambil keputusan secara cepat.

 


Published at :
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | School of Information System sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close