People Innovation Excellence

PERANCANGAN SISTEM BASIS DATA REKRUTMEN BERBASIS WEB PADA PT. TRIPATRA

Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang akan kami bahas pada pembentukan makalah skripsi pada PT. Tripatra meliputi pembuatan basis data dan melakukan perancangan sistem aplikasi yang dapat membantu pengolahan data rekrutmen pada calon karyawan baru. Selain iu membuat aplikasi berbasis website yang membantu dalam pengolahan data calon karyawan pada PT. Tripatra.

Dalam penulisan makalah skripsi ini, ruang lingkup perancangan sistem informasi rekrutmen pada PT. Tripatra kami batasi pada:

  1. Divisi Sumber Daya Manusia pada PT. Tripatra yang meliputi:
  • Registrasi pelamar

Pada proses ini pelamar dapat langsung melakukan pengisian data untuk mendapatkan akun yang digunakan untuk mengkases website yang tersedia

  • Permohonan Karyawan

Pada tahap ini, bagian rekrutment akan menerima permohonan dari divisi yang kemudian di input kedalam form permohonan karyawan untuk verifikasi.

  • Proses pembuatan lowongan

Proses ini akan berjalan apabila rekruter telah memverifikasi permohonan karyawan yang ada, setelah itu bagian rekrutment akan memunculkan lowongan yang sesuai dengan permohonan karyawan.

  • Proses hasil seleksi karyawan

Pada tahap ini bagian rekrutmen akan memeriksa tahapan seleksi yang telah di tempuh oleh pelamar, kemudian bagian rekrutmen akan menginput hasil seleksi tersebut dan pada tahap ini pelamar dapat melihat hasil seleksi yang telah di tempuhnya.

  1. Menganalisis prosedur sistem dari perekrutan, seleksi dan penerimaan karyawan pada divisi rekrutment pada Tripatra.
  2. Membuat sistem informasi rekrutmen berbasis website pada PT. Tripatra.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah:

  1. Menganalisis bagaimana cara proses perekrutan yang sudah ada untuk mencari kelemahan dari sistem lama dan kebutuhan terhadap proses perekrutan yang baru
  2. Membuat database yang terintegrasi dengan aplikasi website yang akan dibuat.
  3. Pembuatan suatu sistem informasi perekrutan berbasis website untuk mempermudah divisi rekrutment pada PT. Tripatra yang dilengkapi dengan fitur pembatasan hak akses dan pembagian berdasarkan kategori.
  4. Pembuatan aplikasi yang membantu dalam pengelolaan laporan permohonan karyawan dan hasil proses seleksi.

Manfaat dari penulisan skripsi ini adalah:

  1. Mengetahuin kebutuhan bagian rekrutmen pada PT.Tripatra dan dapat memberikan pemecahan masalah yang dibutuhkan.
  2. Dengan dibuatnya database yang terintegrasi maka data pelamar akan lebih terpelihara sehinnga dapat mengurani terjadinya redudansi data pelamar
  3. Membantu dalam mepermudahkan proses perekrutan karyawan baru, pembuatan lowongan pekerjaan dan publikasi hasil seleksi dengan menggunakan aplilasi berbasis website pada divisi rekrutmen Tripatra.
  4. Membantu mempermudah manager dalam meninjau proses perekrutan karyawan baru yang bejalan pada bagian rekrutmen PT.Tripatra

Metodologi Penelitian

Beberapa metode yang kami gunakan dalam skripsi ini adalah :

  • Metode Pengumpulan Data

Metode analisis pengumpulan data yang kami gunakan dalam penulisan makalah skripsi ini adalah, sebagai berikut :

  1. Wawancara

Metode wawancara adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan tanya jawab dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi yang berguna untuk pembuatan makalah skripsi ini pada perusahaan PT. Tripatra.

  1. Observasi

Metode observasi adalah suatu metode pengumpulan data dan informasi dengan cara mengamati atau meninjau secara langsung terhadap proses bisnis yang berjalan pada PT.Tripatra

  1. Studi Pustaka / Literatur

Metode studi pustaka / literature adalah suatu metode pungumpulan data dan informasi dengan melakukan tinjauan pada buku atau jurnal melalui internet atau pun perpustakaan untuk mencari teori-teori penting yang mendukung pembuatan makalah skripsi ini.

  • Metode Analisis

Pada metode perangcangan ini, berdasarkan buku “system analysis & design, in a changing world 6th edtion” (Jhon Satzinger, Robet Jacson and Stephen Burd, 2012, p57) activity diagram merupakan sebuah penggambaran alur keja yang mengandung aktivitas, pilihan tindakan perulangan dan hail dari aktivitas tersebut.

  • Metode Perancangan

Metode perancangan ini, berdasarkan pada buku “Database System : A Practical Approach to Design, Implementation, and Management” (Connolly and Begg, 2015, p347). Terdapat beberapa tahap pada Database System Development Lifecycle, sebagai berikut:

1. Database planning, merencanakan bagaimana setiap langkah dapat dijalankan seefisien dan seefektif mungkin.

2. System definition, menspesifikasikan ruang lingkup dan batasan dari aplikasi, pemakai, dan area aplikasi.

3. Requirement collection and analysis, analisa dan pengumpulan kebutuhan-kebutuhan dari pemakai dan area apikasi.

4. Database design, perancangan conceptual, logical, dan physical dari database.

5. DBMS selection, pemilihan DBMS yang cocok untuk aplikasi database.

6. Application design, merancang antarmuka pemakai dan program aplikasi yang menggunakan dan memproses database.

7. Prototyping, membuat sebuah model kerja dari aplikasi database yang membolehkan perancang atau pemakai untuk memvisualisasikan dan menevaluasi bagaimana sistem yang dibuat akan berjalan.

8. Implementation, membuat definisi external, conceptual, dan internal database dan aplikasi program.

9. Data conversion and loading, memasukkan data dari sistem lama ke sistem baru.

10. Testing, aplikasi database yang akan diuji untuk mendapatkan kesalahan dan divalidasi dengan kebutuhan dispesifikasi pemakai.

11. Operation maintenance, aplikasi database yang telah diimplementasikan sepenuhnya, sistem tersebut akan diawasi dan dirawat secara berkala. Ketika dibutuhkan, kebutuhan baru dapat ditambahkan de dalam aplikasi database melalui langkah-langkah siklus hidup.


Published at :
Written By
Evaristus Didik Madyatmadja, ST., M.Kom., M.T
Concentration & Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close