People Innovation Excellence

Mengupas Jakarta Smart City

Ada yang tahu apa itu Jakarta Smart City ?, mari kita kupas. Jakarta Smart City adalaj penerapan konsep kota cerdas yang terletak dikota Jakarta, mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memahami serta mengetahui berbagai sumber daya di dalam kota Jakarta dengan lebih efektif-efisien.

Tujuan terbentuk Jakarta smart City ini adalah demi memaksimalkan pelayanan public, memberikan solusi penyelesaian masalah dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga masyarakat Jakarta maupun masyarakat luar Jakarta / luar Indonesia dapat mengetahui lebih detail apa itu kota Jakarta.

Prasetyo Andy Wicaksono, selaku Head of Technology Jakarta Smart City memamparkan bahwa ada 6 indikator/ konsep yang menjadi focus Jakarta Smart City yaitu

smart Governance (pemerintahan transparan, informatif dan responsif),

Smart Economy (menumbukan produktivitas dengan kewirausahaan dan semangat inovasi),

Smart People (peningkatan kualitas SDM dan fasilitas hidup layak),

Smart Mobility (penyediaan sistem transportasi dan infrastruktur),

Smart Environment (manajemen sumber daya alam yang ramah lingkungan), dan

Smart Living (mewujudkan kota sehat dan layak huni).

Misinya dari Jakarta Smart City adalah mewujudkan Jakarta Baru yang informatif dan transparan serta mendukung kolaborasi melalui pemanfaatan teknologi untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik..

Tidak hanya pengetahuan tentang Jakarta saja, Jakarta smart city telah berkerja sama dengan para aplikasi pendukung seperti Zamato, Ragunan Zoo, dan Trafi.

Kemudian Jakarta Smart City dalam portalnya juga akan mengabarkan kondisi dan informasi seputar kawasan – kawasan yang sangat nyaman untuk digunakan para anak muda untuk melepas waktu luang, contohnya Taman Menteng, Taman Suropati dan beberapa taman lainnya yang tersedia dijakarta. Bukan Cuma Jakarta smart city juga menyediakan informasi seputar event – event menarik yang tergelar dijakarta.

Informasi lowongan kerja pun menjadi info yang disediakan oleh Jakarta Smart City ini. Para pelamar atau pelajar yang hendak mencari program magang atau kerjaan bisa langsung mengakses Jakarta Smart City ini.

Untuk mencapat misi dan visi Jakarta Smart City, Pemerintah DKI telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan Jakarta semakin lebih baik dengan teknologi yang semakin canggih. Kini Pemda DKI teah meluncurkan portal resmi jakarta.go.id, dan YouTube resmi Pemprov DKI, serta application programming interface (API) bagi pengembang melalui api.jakarta.go.id.


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close