People Innovation Excellence

Aplikasi Video Streaming dan Resikonya

Siapa yang tidak mengenal aplikasi video streaming yang satu ini, Bigo Live adalah aplikasi berbasis Android dan iOS yang saat ini sedang digemari oleh pengguna khususnya dari Indonesia, Bigo Live sudah menempati posisi urutan ke 18 di daftar aplikasi gratis terpopuler, dengan penggunduh hingga 53 juta unduhan, dan rating penilaian untuk aplikasi ini mencapai 4.2 Bintang.

Dari keterangannya, Bigo Live digunakan untuk menyiarkan aktivitas sehari-hari broadcaster (penyiar) dan beberapa kegiatan ke member Bigo Live lainnya. Pada halaman tampilan, pengguna akan disuguhkan dengan beragam pilihan para broadcaster di Bigo yang dapat ditonton secara langsung.

Saat pengguna masuk aplikasi ini, pengguna dapat mulai memilih menonton siaran dari broadcaster secara live. Tinggal klik lalu pengguna dapat menonton dan bercengkrama dengan si broadcaster. Kemudian pengguna juga dapat mengirimkan hadiah kepada broadcaster yang kamu sukai, tetapi terkadang dengan semakin majunya teknologi ini, membuat para penindak perbuatan asusila bermunculan di media sosial demi mendapatkan uang dari aplikasi live ini.

Para broadcaster nakal berlomba – lomba mendapatkan hadiah dari para member yang menonton aksi panasnya dalam video streaming ini, sering kali para lelaki hidung belang hendak memberikan hadiah – hadiah menarik yang disediakan bigo live, seperti mobil, kacamata, bunga sehingga para penjajah video terus menampilkan hal – hal yang kurang baik dan kurang senonoh.

Hal ini memicu pro kontrak dari masyarakat, sehingga pihak berwenang sekaligus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bertindak tegas dalam penanganan aplikasi ini,pihak  Kemkominfo memberikan teguran dan pemblokiran Domain Name System (DNS) supaya pihak bigo dalam pengawasannya akan lebih ketat.

Kemkominfo pun juga meminta pihak Bigo untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Pihak Bigo pun sebenarnya sudah bertindak tegas dan keras pada broadcaster nakal dengan mengeluarkan peraturan yang cukup ketat salah satunya adalah dilarang memperlihatkan bagian intim saat sedang Broadcast, tapi ternyata masih banyak para broadcaster yang melanggar peraturan tersebut, yang akhirnya pihak Bigo menerapkan hukuman Banned (blokir) bagi para Broadcaster yang menyalahi aturan pengguna akun.


Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close