People Innovation Excellence

OPEN SOURCE ERP: ODOO

Odoo adalah software manajemen all-in-one yang termudah di dunia. Terdapat ratusan dari aplikasi bisnis yang terintegrasi di dalamnya, seperti CRM, Accounting, Inventory, Marketing, eCommerce, Project Management, HR, MRP, dan lain-lain. Value proposition yang unik dari Odoo yaitu pada waktu yang sama dapat dengan mudah dipakai dan terintegrasi secara menyeluruh.

Odoo telah mengembangkan 30 aplikasi utama yang diperbaharui secara berkala. Dengan tambahan, komunitas yang mencapai lebih dari 1500 anggota aktif, telah berkontribusi dengan 4500+ aplikasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang sangat beragam.

Kemudahan mengikuti perubahan dan integrasi secara menyeluruh ini memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang paling rumit sekalipun. Fleksibilitas dari Odoo contohnya adalah pada aplikasi yang bisa ditambahkan seiring dengan pertumbuhan dari perusahaan tersebut, dengan menambahkan satu aplikasi ketika kebutuhan perusahaan bertambah dan dasar konsumennya berkembang. Dengan adanya komunitas open source, Odoo diawasi secara aktif oleh para developer berskala besar untuk memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen dan menyediakan aplikasi-aplikasi yang baru dan inovatif.

Model open source dari Odoo telah memengaruhi ribuan developer dan para ahli bisnis untuk membangun ratusan aplikasi dalam waktu beberapa tahun saja. Dengan dasar teknis yang kuat, framework Odoo sangatlah unik. Framework tersebut menyediakan top notch usability (perencanaan penggunaan yang paling baik) yang mencakup seluruh aplikasi. Perkembangan kegunaan yang dibuat pada Odoo tersebut akan secara otomatis diterapkan ke semua aplikasi yang telah terintegrasi. Dengan demikian, Odoo berkembang sangat lebih cepat daripada solusi software yang lainnya.

Berdasarkan informasi yang telah didapatkan dari web resmi Odoo, saya berpendapat bahwa Odoo sangat jauh berbeda dengan sistem ERP lainnya yang biasanya memiliki tampilan yang kaku dan langkah-langkah yang rumit untuk mengaksesnya. Keuntungan dengan mengimplementasikan Odoo adalah:

  1. Mudah untuk dikembangkan
  2. Tampilan yang mudah untuk digunakan oleh orang awam
  3. Tampilan yang menarik, sederhana, dan beragam warna
  4. Sistem dengan basis web tersebut sangat mudah diakses dimana saja dan kapan saja
  5. Dapat diakses tidak hanya melalui PC tetapi juga melalui tablet dan smartphone
  6. Tidak perlu install beberapa aplikasi yang rumit dalam penerapan dan pengoperasian Odoo
  7. Dapat berintegrasi dengan perusahaan lain yang juga menggunakan Odoo
  8. Dapat digunakan dalam bisnis skala kecil hingga besar
  9. Sistem menggunakan bahasa program HTML – PHP sehingga lebih mudah dimodifikasi

Published at :
Written By
Sugiarto Hartono,S.Kom., MMSI
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close