People Innovation Excellence

ALPHA TESTING

pengujian Alpha adalah salah satu strategi pengujian perangkat lunak yang paling umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak, hal ini khusus digunakan oleh organisasi pengembangan produk dengan tujuan agar system yang dikembangkan terhindar dari cacat atau kegagalan penggunaan.

Pengujian alpha berlangsung di situs pengembang oleh tim internal, sebelum rilis kepada pelanggan eksternal. Agar nantinya ketika pelanggan menggunakan system ini tidak kecewa karena masalah cacat atau kegagalan aplikasi. Pengujian ini dilakukan tanpa keterlibatan tim pengembangan

  • Tes ini berlangsung di situs pengembang. Pengembang mengamati penggunaan aplikasi oleh pengguna selanjutnya pengguna mencatat temuan yang terjadi dari kecacatan aplikasi.
  • Pengujian Alpha adalah pengujian dari aplikasi saat pembangunan adalah tentang untuk menyelesaikan. perubahan desain kecil masih dapat dibuat sebagai hasil dari pengujian alpha.
  • Pengujian Alpha biasanya dilakukan oleh kelompok yang independen dari tim desain, tim pengembang tapi masih dalam perusahaan, misalnya di-rumah insinyur pengujian perangkat lunak, atau insinyur perangkat lunak QA.

Pengujian Alpha adalah pengujian akhir sebelum perangkat lunak ini diluncurkan untuk pengguna secara umum. Ini memiliki dua fase:

  • Pada tahap pertama dari pengujian alpha, perangkat lunak diuji oleh pengembang di lingkungan internal developer. Mereka menggunakan perangkat lunak debugger, atau debugger hardware-assisted. Tujuannya adalah untuk menangkap bug dengan cepat.
  • Pada tahap kedua pengujian alpha, software ini diserahkan kepada staf QA software, untuk pengujian tambahan dalam lingkungan yang mirip dengan penggunaan yang dimaksudkan. Hal ini untuk mensimulasikan suasana atau lingkungan pengujian yang sebenarnya sehingga ketika system tersebut dipasang, sudah tidak terjadi kegagalan maupun cacat system secara real.

Pengujian Alpha disimulasikan atau pengujian operasional yang sebenarnya dengan potensi pengguna / pelanggan atau tim uji independen di situs pengembang. pengujian alpha sering digunakan untuk perangkat lunak off-the-rak sebagai bentuk pengujian penerimaan internal sebelum software pergi ke pengujian beta.

Alpha Testing dalam fase SDLC

Berikut adalah diagram yang menjelaskan proses Alpha test dalam siklus pengembangan software

alpha1

Bagaimana kita menjalankannya?

Pada tahap pertama dari pengujian alpha, perangkat lunak diuji oleh pengembang secara in-house di mana tujuannya adalah untuk menangkap bug dengan cepat. Perangkat lunak yang diuji sebenarnya sudah diuji pada tahap unit test, maupun system test. Pada bagian akhir perangkat lunak tersebut diuji pada lingkungan yang sebenarnya tetapi masih dilingkungan developer. Lingkungan dibuat sedemikian rupa agar menyerupai lingkungan sebenarnya. Hal ini dilakukan agar seluruh modul yang ada dalam perangkat lunak tersebut berjalan sesuai aktifitas dan lingkungan sebenarnya.

Pada fase kedua pengujian alpha, perangkat lunak diberikan kepada tim QA perangkat lunak untuk pengujian tambahan.

pengujian alpha sering dilakukan untuk Commercial software off-the-shelf (COTS) sebagai bentuk pengujian penerimaan internal sebelum pengujian beta dilakukan.

Sumber :

http://istqbexamcertification.com/what-is-alpha-testing/

https://www.tutorialspoint.com/software_testing_dictionary/alpha_testing.htm

 


Published at :
Written By
Joni Suhartono
Subject Content Coordinator | School of Information Systems sis.binus.ac.id

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close