People Innovation Excellence

PENGGUNAAN TAM ( TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ) UNTUK KEPERLUAN PENELITIAN

Technology Acceptance Model ( TAM ) adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk menganalisis factor – factor yang mempengaruhi diterimanya suatu sistem / sistem informasi.

Model ini pertama kali diperkenalkan oleh Fred Davis pada tahun 1986.

model 1Gambar 1 : Model Original yang diusulkan oleh Fred Davis tahun 1989

 Telah terjadi beberapa revisi terhadap model yang diusulkan. Berikut adalah versi terakhir yang dikembangkan oleh Venkatesh & Davis pada tahun 1996.

model 2

Gambar 2 : Model FINAL yang diusulkan oleh Fred Davis & Venkatesh tahun 1996

 Ada 3 faktor yang mempengaruhi penggunaan sebuah sistem sesuai yang diusulkan oleh Fred Davis :

  1. Perceived Usefulness

Suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tersebut dapat meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

  1. Perceived Ease of Use

Suatu tingkatan dimana seseorang percaya bahwa menggunakan sistem tersebut tak perlu bersusah payah

  1. Intention To Use

Kecenderungan perilaku untuk menggunakan suatu teknologi.

 3 faktor di atas dapat digunakan sebagai varibel dalam penelitian untuk menentukan bagaimana penerimaan dari user terhadap suatu sistem / sistem informasi yang ingin dibangun atau sudah berjalan.

Contoh :

model 3

Berdasarkan jurnal An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University. Students’ Behavioral Intention to Use e-Learning (Park, 2009) menggunakan TAM untuk menganalisis kebiasaan dari mahasiswa untuk menggunakan e-Learning.

model 4

Dan berdasarkan jurnal Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems (Alharbi, 2014) juga menggunakan TAM untuk melihat keinginan pelaku akademik menggunakan Learning Management System

 

Berbagai penelitian telah menggunakan TAM dan menunjukkan bahwa TAM adalah model yang valid untuk menguji diterimanya suatu sistem / sistem informasi. Jadi model TAM direkomendasikan sebagai variable penelitian jika ingin menguji tentang penerimaan sebuah sistem / sistem informasi.

References

Alharbi, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications,, 143-155.

Chuttur, M. (2009). Overview of the Technology Acceptance Model: Origins,. Spouts : Working Papers on Information Systems, 9-37.

Park, S. Y. (2009). An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University. Educational Technology & Society, 150-162.

Surendran, P. (2012). Technology Acceptance Model: A Survey of Literature. International Journal of Business and Social Research (IJBSR), Volume ‐2, No.‐4, 175-178.

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close