School of Information Systems

Sistem Informasi Vs Teknologi Informasi

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi merupakan dua bidang ilmu yang berbeda. Teknologi Informasi merupakan suatu teknologi atau cara yang digunakan untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan teknologi yang sudah ada atau teknologi yang nantinya akan dikembangkan. Sedangkan Sistem Informasi merupakan cara membangun dan menerapkan teknologi informasi yang telah dikembangkan kedalam sebuah bisnis agar bisnis menjadi lebih efektif.

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi sama – sama mengandung kata informasi, karena kedua bidang ilmu tersebut sama – sama mengembangkan sebuah informasi menjadi sebuah knowledge baik itu untuk teknologi ataupun untuk bisnis. Informasi merupakan sebuah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti dan nilai yang bermanfaat bagi user, sedangkan data adalah raw material yang akan diolah menjadi sebuah informasi.

Komponen dari sistem informasi :

  1. Input – merupakan tahap pengumpulan data yang nanti akan diolah menjadi sebuah informasi yang bermanfaat
  2. Process – proses mengubah data yang telah dikumpulkan menjadi informasi
  3. Output – hasil dari hasil proses data dan siap untuk digunakan sebagai informasi bagi user
  4. Feedback – Output yang diberikan oleh user yang telah menerima informasi yang telah diproses, mengenai bagaimana informasi tersebut bermanfaat

Komponen dari teknologi informasi :

  1. Hardware – perangkat fisik yang membangun sebuah teknologi informasi.
  2. Software – perangkat lunak yang dibuat untuk mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebagai suatu system yang utuh.
  3. Brainware – user yang menggunakan hardware atau software

Dampak Information Teknologi dalam membantu bisnis :

  1. IT mengurangin jumlah dari middle manager

IT membuat manager lebih produktif dan meningkatkan jumlah karyawan yang dapat membuat report yang akan diberikan kepada single manager, karena semua sudah terotomatisasi.

  1. IT dapat mengubah pekerjaan manager

Tugas manager yang paling penting adalah membuat keputusan, dengan menggunakan IT cara manager dalam mengambil keputusan dapat berubah. Dengan IT pengambilan keputusan manager dapat dilakukan dengan cara melakukan brainstorming dengan karyawannya

  1. IT dapat mengurangi pekerjaan

Karena IT dapat membantu pekerjaan dari karyawan yang awalnya dikerjakan dengan manual, menjadi dikerjakan secara terkomputerisasi. Sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah. Maka dari itu ada beberapa bagian dari pekerjaan yang akan digantikan dengan computer.

Jadi sistem informasi merupakan sebuah proses dari awal input sampai feedback untuk mengolah sebuah teknologi informasi menjadi bermanfaat dan menerima feedback dari user mengenai teknologi yang telah dikembangkan. Sedangkan teknolgi informasi mengenai sebuah teknologi sebuah aplikasi yang diolah yang nantinya dapat membantu user.

Reference

Jr., R. K. (Fourth Edition). Introduction to Information System. Wiley.

Lie Maria Erika Pranoto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031