People Innovation Excellence

Penciptaan Nilai pada e-business/e-commerce

E-business sejatinya adalah aktifitas bisnis yang dilakukan secara eletronik. Melihat dari perkembangan internet yang saat ini bukan lagi hal asing dan memungkinkan semua orang dapat menggunakannya dan dapat menghubungkan orang lain dengan mudah, penggunaannya pun telah tersebar hingga organisasi saat ini juga tak ingin ketinggalan dengan memanfaatkan internet supaya lebih mudah dalam proses bisnisnya. Perusahaan yang menggunakan internet sebagai alat bantu inilah yang disebut dengan perusahaan e-business. Perusahaan e-business yang juga menjalankan bisnisnya dengan menjual produk secara online atau yang ia pasarkan secara e-commerce memiliki keunggulan kompetitif tersendiri. Penciptaan nilai pada perusahaan yang menjual barangnya secara online berbeda dengan yang menjual barangnya secara fisik meskipun barangnya sama. Seorang pelanggan online, bukan hanya berperan sebagai pelanggan yang membutuhkan barang namun juga seorang pengguna teknologi informasi sehingga seorang pelanggan memiliki dua karakteristik yang harus dipenuhi, perusahaan online harus memuaskan pandangan pelanggan dari segi produk dan perusahaan juga harus memenuhi keinginan pelanggan sebagai seorang pengguna teknologi, ini lah yang menjadi sebuah perusahaan e-commerce harus menciptakan nilai yang berbeda.

Proses penciptaan nilai pada perusahaan e-commerce membutuhkan waktu yang tidak sedikit, hal yang pasti harus dilakukan adalah mendekatkan diri kepada pelanggan dan memahami target dari pelanggan yang mereka tuju. Penciptaan nilai dalam sebuah e-business atau e-commerce, setidaknya harus memperhatikan keempat hal berikut (R. Amit & C. Zott, 2001):

1.jpg

  • Novely

Novelty didefinisikan sebagai tingkat keunikan  yang dimiliki oleh barang atau jasa yang dijual oleh perusahaan dengan memperhatikan kepada bagaimana pelanggan dapat puas sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Amit & Zott, indikator yang dilakukan untuk mengukur novelty adalah connecting sebagai contohnya adalah perusahaan mau menerima masukan dan saran, perusahaan menyediakan wadah untuk berkomunikasi kepada perusahaan, innovative services sebagai contohnya perusahaan secara berkala mengadakan pembaharuan terhadap fitur sistem untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan, structuring of transaction sebagai contohnya sistem mampu untuk mengelola transasksi dan mengintegrasikan aliran informasi yang akurat.

  • Lock in

Lock in merupakan kemampuan perusahaan untuk menciptakan suatu ikatan seperti misalnya membuat pelanggan tetap berbelanja di web perusahaan meskipun harga yang ditawarkan bersaing dengan competitor. Indikator yang dilakukan dalam dimensi lock in ini adalah seperti trust seperti keamanan proses transaksi, brand awareness and reputation seperti perusahaan senantiasa menjaga kualitas produk dan memiliki standard yang bagus, loyalty program seperti perusahaan memiliki program tertentu untuk pelanggan yang telah banyak berbelanja

  • Complementaries

Complementaries merupakan kelengkapan dari kebutuhan pelanggan yang ditawarkan oleh perusahaan dan partner bisnis. Indikator yang digunakan untuk mengukur complementaries adalah supply chain integration seperti kemampuan sistem untuk langsugn menginformasikan transaksi ke sistem backend, network integration seperti sistem menyediakan kemudahan bagi pihak ketiga untuk akses, services enhancement misalnya menawarkan keuntungan tambahan ketika bertransaksi.

  • Efficiency

Efficiency adalah kemampuan perusahaan untuk menyediakan akses yang cepat, tidak menghabiskan waktu pelanggan, dan tidak banyak usaha untuk melakukan transaksi. Indikator yang digunakan diantaranya transaction cost decrease misalnya sistem mampu menangani transaksi user dalam jumlah banyak dan akurat, speed misalnya sistem dapat mengelola transaksi dengan cepat dan apabila terdapat kesalahan dapat diperbaiki dengan cepat, comparative shopping method misalnya sistem menyediakan berbagai metode cara pembayaran yang paling diinginkan pelanggan.

 

Source:

http://www.doligalski.net/value-creation-in-e-business/

 http://www.slideshare.net/bicangels/startnowhow-planning-developing-and-testing-a-business-model


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close