People Innovation Excellence

ERP Open Source sebagai Alternatif bagi Perusahaan untuk Menerapkan Sistem Terintegrasi

Open source saat ini menjadi alternative bagi perusahaan yang ingin menggunakan sistem terintegrasi seperti ERP (Enterprise Resource Planning). Dikarenakan setiap bisnis memiliki proses dan cara kerja yang unik, sehingga ERP pun harus dapat di customize sesuai dengan kebutuhan perusahaan, namun pengembangan dari sistem terintegrasi seperti ERP membutuhkan biaya yang sangat besar dan memerlukan skill internal perusahaan, selain itu membeli produk jadi ERP commercial juga membutuhkan biaya yang mahal dan sulit untuk di customized sehingga untuk mengurangi resiko kegagalan penerapan sistem salah satunya adalah dengan menggunakan alternative open source ERP.

Saat ini, banyak sekali software open source ERP/CRM yang dapat di unduh secara gratis dan dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan, perusahaan dapat mencoba sebagai free trial jika tidak cocok maka dapat tidak diteruskan karena juga tidak perlu mengeluarkan biaya lisensi atau kontrak. Selain itu, software open source juga biasanya dikembangkan oleh komunitas yang besar sehingga jika terjadi bug program atau hal yang dapat ditanyakan akan menjadi lebih mudah.

Beberapa software ERP open source yang terkenal dan paling banyak digunakan (sumber dari: financialmemos.com) diantaranya adalah:

2 1 5

4 3

 

X Tuple ERP Merupakan ERP Open source yang paling banyak digunakan. Dapat dijalankan di windows, Mac, dan Linux, bahkan dapat diakses melalui perangkat mobile. X Tuple ERP mengintegrasikan berbagai fungsi seperti akunting, sales, pembelian, manufaktur, persediaan, distribusi, dsb
Opentaps

 

Opentaps menawarkan integrasi secara penuh untuk ERP dan solusi CRM dan lebih banyak digunakan oleh retailer.
Compiere

 

Dibuat pada tahun 1999 dan telah lebih dari 1 juta download di tahun 2006, Compiere digunakan lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Compiere mengintegrasikan penjualan, manufactur, financial, warehousing
Open Bravo

 

Openbravo lebih banyak digunakan oleh perusahaan dalam skala medium, openbravo saat ini telah digunakan oleh lebih dari 6000 perusahaan. Modul yang ditangani seperti finance dan akunting, sales management, POS, business intelligence, dll.
Open ERP

 

Open ERP dapat didownload untuk free trial selama 15 hari dan jika ingin menggunakan lebih lanjut perlu membayar $39 per bulan. Open ERP mengintegrasikan sales, POS, penjualan, warehousing, akunting, social network, HRD, dll.

 

Market Share ERP

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari forbes.com, market share ERP meningkat 3.8% di tahun 2013 dengan peningkatan  yang cukup baik dimana pada tahun 2012 adalah sebesar 2.2%. dan para ahli menyebutkan bahwa sebesar 10% hingga 18% bisnis saat ini menggunakan ERP Open Source sebagai solusi bisnis mereka, dimana jumlah ini setara dengan 50 juta dollar dalam pangsa pasar ERP. Berikut adalah market share ERP yang digunakan tahun 2013.

6

 

Pertumbuhan ERP hingga saat ini mengalami peningkatan, pangsa pasar ERP khususnya di Indonesia tidak dikatakan besar namun semakin bertumbuh. Kendala yang dihadapi di Indonesia adalah keterbatasan tenaga ahli yang bisa memodifikasi ERP dengan bahasa pemrogramannya, biaya yang cukup mahal dan industry yang belum terlalu berkembang.

Sumber Referensi :

http://maskuferry.blogspot.com/2010/11/kenapa-harus-memilih-erp-open-source.html

http://financialmemos.com/the-top-5-open-source-erp-solutions/

 


Published at : Updated
Written By
Cadelina Cassandra, S.Kom., MMSI
Lecturer Specialist | School of Information System sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close