People Innovation Excellence

IT Maxims – Information System Dashboard

Sama halnya dengan dashboard pada mobil yang menunjukkan informasi pada pemilik mobil, dashboard pada teknologi informasi juga menampilkan informasi kepada pengguna teknologi. Dalam pengertian dengan istilah Teknologi Informasi, dashboard merupakan user interface yang menunjukkan informasi yang dapat dibaca dengan mudah oleh pengguna. Pada umumnya dashboard pada teknologi informasi menampilkan laporan dan diupdate secara berkala. Ada juga yang mengatakan digital dashboard adalah tool business management yang digunakan untuk memvisualisasikan kinerja dari perusahaan dengan menggunakan indikator. Contohnya adalah pada dashboard perusahaan manufaktur maka akan menampilkan jumlah produktifitas produk, jumlah kegagalan inspeksi per jam, dll.

Seperti halnya dashboard pada otomotif, dashboard Sistem Informasi memberikan informasi kepada para pembuat keputusan yang dibutuhkan. Biasanya menggunakan Graphical User Interface (GUI) untuk mendesain dan menampilkan laporan, grafik, dan kerangka untuk menampilkan informasi. Dashboard dibutuhkan untuk mempermudah dalam penyajian informasi yang akan diberikan kepada jajaran eksekutif dalam perusahaan. Penyajian dalam dashboard adalah salah satu media dari output design (yaitu desain perancangan output/laporan).

Contoh Dashboard:

1

History Dashboard

Ide dari dashboard dibuat setelah Decision Support System tahun 1970. Dengan dukungan dari teknologi web hingga akhir tahun 1990an, digital dashboard telah muncul. Banyak sistem yang telah dibangun in house di organisasi dapat menampilkan data yang telah didapatkan dari berbagai informasi perusahaan. Di akhir tahun 1990an, Microsoft mempromosikan konsep yang dikenal dengan “Digital Nervous System” dan “Digital Dashboard”

Keuntungan menggunakan Dashboard

Sama halnya dengan sistem informasi dan teknologi lainnya, dashboard juga memberikan keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan menggunakan digital dashboard diantaranya:

  • Memberikan presentasi visual yang menarik untuk menampilkan pengukuran kinerja
  • Memungkinkan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki tren yang turun karena informasi yang ditampilkan dalam dashboard sangat membantu dalam mengidentifikasi trend yang turun
  • Mengukur tingkat efisiensi dan efektifitas perusahaan
  • Kemampuan untuk menghasilkan laporan secara detail, dengan dukungan dari berbagai tools dan chart akan mempermudah dalam penyajian informasi lebih menarik dan detail.
  • Kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang ditampilkan, akan mempermudah manager dan jajaran eksekutif.
  • Menghubungkan strategi dan tujuan organisasi
  • Menghemat waktu dibandingkan menggunakan laporan biasa. Dibandingkan dengan laporan biasa yang menggunakan tulisan dan perlu dibaca lebih lama, tentu dashboard lebih banyak membantu.

Tipe Dashboard

Seperti yang dikutip pada buku yang di tulis oleh Marianne Broadbent yang berjudul the CIO Leader, ada 2 tipe dashboard yaitu dashboard tipe 1 berupa dashboard yang memberikan laporan tentang kegiatan operasional yang dilakukan oleh staff, dan dashboard tipe 2 merupakan dashboard yang menyediakan informasi terkait dengan Investasi IT apakah akan mendukung tujuan bisnis perusahaan.

Sumber Referensi:

http://searchcio.techtarget.com/definition/dashboard

http://en.wikipedia.org/wiki/Dashboard_%28management_information_systems%29


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close