People Innovation Excellence

Level 1 pada Enterprise Architecture

Mengembangkan skenario masa mendatang untuk perusahaan manufaktur (yang mempunyai sebuah pabrik) bertujuan untuk mengetahui jumlah penjualan barang pada pasar dan mengetahui berapa banyak barang yang harus diproduksi agar dapat memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Berdasarkan framework EA di bawah ini maka langkah-langkahnya dapat meliputi goals&Initiatives, Products& Services, Data & Informasi, dan seterusnya, sebagai berikut.

artifacts EA

Goals and initiatives : Setiap pabrik atau produsen selalu menginginkan data terbaru mengenai penjualan mereka oleh sebab itu selalu terjadi inovasi dalam mengumpulkan informasi penjualan barang.

Products and Services : Konsumen tidak boleh terganggu oleh kebutuhan perusahaan untuk mengetahui jumlah barang yang terjual oleh sebab itu diberlakukan sistem barcode dan RFID untuk mendeteksi penjualan barang pada toko – toko distributor.

Data and Information : Melalui sistem barcode dan RFID data dapat otomatis terupdate dan user dapat langsung mengetahui jumlah pembayaran pada setiap distributor.

Systems and Application :Setiap barang memiliki RFID dan barcodenya masing – masing oleh sebab itu system akan secara otomatis mencatat setiap barang yang terjual berdasarkan kelompoknya masing – masing.

Networks and Infrastructure. : Data penjualan dibangung tidak hanya melalui barcode dan RFID pada barang saja tetapi juga dengan sistem komputer yang mendukung dan sudah terintegrasi dengan pusat. (Disiapkan oleh : Dasa Januari, 27/08/2014)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close