People Innovation Excellence

UNETBOOTIN (Perangkat kecil, berfungsi besar)

Pernahkah kita mengalami kesulitan dalam proses memasang kembali (instalasi) sistem operasi (Windows, Linux dan UNIX) kedalam komputer (PC) atau Notebook ?jika ya, Apakah kita bisa melakukan instalasi sistem operasi dengan media lain selain CD ? Begitu percayanya kita terhadap sebuah CD dan CD ROM yang digunakan, bahwa perangkat tersebut tidak akan pernah rusak dan selalu dapat digunakan kapanpun dan dimanapun pada saat kita butuhkan. Padahal tanpa disadari bahwa penggunaan CD telah maksimal dan telah terlampaui hingga kemungkinan perangkat tersebut cepat rusak, tergores dan tidak dapat dibaca saat dibutuhkan (sumber : http://aryo.info/cd-dvd/headline.html).

Didalam dunia teknologi informasi, pemasangan kembali aplikasi (instalasi) atau perangkat lunak – sistem operasi (Operating System) misalnya – pada sebuah PC, Laptop, Netbook atau Notebook yang mengalami crash system, blue screen, electric shutdown dan tidak bisa di restore kembali, biasanya banyak dilakukan dengan menggunakan media CD dan CD ROM. Tanpa itu tidak tidak akan bisa katanya. Tapi bagaimana jika salahsatu perangkat keras CD yang akan digunakan tersebut mengalami seperti yang disebutkan diatas. Apakah kita lalu berhenti untuk tidak melakukan instalasi ? Tidak!

Untuk menyelesaikan permasahan tersebut diatas, ada langkah lain yang bisa dilakukan. Selain backup sistem operasi, hal lain adalah instalasi sistem operasi dengan menggunakan media Flash Disk. Dengan media flash disk, sistem operasi yang sudah ada didalam CD sebelumnya dapat dipindahkan kedalamnya. Namun perlu untuk diketahui bersama, bahwa besaran/kapasitas flash disk juga harus disesuaikan dengan jumlah besaran file didalam CD instalasi tersebut (misalnya win 8 dan win 7 atau Linux dan UNIX). Karena bila tidak kita perhitungkan hal tersebut, maka penempatan sistem operasi kedalam flash disk tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Selain media flash disk, kita juga memerlukan aplikasi kecil yang bernama unetbootin. Sebenarnya banyak aplikasi seperti yang dimaksudkan. Namun berdasar pengalaman dan percobaan yang dilakukan serta sifatnya yang dapat digunakan dengan berbagai sistem operasi, maka penulis menyarankan untuk menggunakan aplikasi dimaksud. Aplikasi tersebut dengan mudah diperoleh pada website dengan alamat www.unetbootin.sourceforge.net. Berbagai pilihanada pada website tersebut, apakah untuk windows, linux maupun UNIX. Pengguna tinggal memilih mana yang pas dan sesuai dengan sistem operasi yang akan digunakannya hingga melakukan instalasi dengan mudah.

Setelah aplikasi unetbootin tersebut diunduh dan dipasang (install) kedalam PC/Notebook, maka langkah pemindahan CD sistem operasi pun dapat dilakukan. Dan pada akhirnya, sebuah flash disk dengan berisi sistem operasi yang diinginkan telah terpasang untuk menggantikan CD yang telah ada. Biasanyaflashdisk yang telah terisi sistem operasi tersebut (windows, Linux atau UNIX) dinamakan dengan Live USB.

Silahkan dicoba …. 😉


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close