People Innovation Excellence

Customer Market and Competition Map Case : Mercedes dan Roll Royce

Untuk memperoleh gambaran competition dua merk terkenal yaitu Mercedes dan Roll-Royce dipilih 4 point penting customer value atributes value yaitu prestige, comfort, apprearance dan handling. Pada grafik tersebut ditambahkan juga harga sebagai pembanding.

Pada grafik terlihat bahwa prestige dan comfort Roll Royce lebih baik namun apprearance dan handling Mescedes lebih baik. Dan harga juga menjadi masalah bagi Roll-Royce karena terlalu mahal meskipun fitur-fiturnya leih banyak dan lebih baik namun harganya sedikit terlalu mahal.

Grafik 1, di bawah adalah consumer mapping dari dua merek Mercedes dan Roll Royce tersebut.

6

Grafik 1 : Value comparison for Rolls Royce and Mercedes luxury cars

Dengan grafik customer mapping diatas membuat factor pembeda antara dua merek tersebut terlihat jelas dan hal ini penting dalam pengambilan keputusan akhir untuk membeli bagi customer.

Sebagai contoh apabila customer senang dengan menyetir sendiri maka handling lebih penting dibandingkan dengan customer yang senang menggunakan sopir.Karena akan lebih menyenangkan menyetir mobil dengan handling yang lebih baik.

Dengan grafik diatas maka dapat diidentifikasi kekuatan dan kelemahan produk, dalam persaingan yang berguna untuk menjadi dasar pemasaran saat ini dan pengembangan produk masa depan. Perusahaan dapat lebih focus pada factor-faktor atribut yang membedakan customer value dibanding produk lain, kemudian ditentukan kelompok pelanggan mana yang akan dilayani.

Grafik customer mapping juga berguna untuk menunjukkan perbedaan antara segmen customer yang berbeda sehingga dapat ditemukan suatu kebijakan tidak dapat bekerja dengan baik untuk semua customer. Untuk itu perlu dipahami nilai-nilai pada atribut utama dan bobot yang berbeda pada masing-masing atribut dan menjadi alasan keberhasilan pemasaran dalam suatu perbandingan dapat terlihat dengan jelas.

Manfaat lain dari grafik customer mapping ini adalah membantu pemasaran untuk focus pada hal-hal kecil yang benar-benar menentukan menunjukkan unique selling point. Penilaian atas hal penting dalam keputusan pembelian adalah nilai yang dapat dirasakan pelanggan dan hal ini bergantung pada nilai kinerja yang mendasari seberapa baik hal tersebut ditunjukkan dalam pemasaran.

Manfaat berikutnya adalah grafik ini dapat menunjukkan sebuah hubungan alasan mengapa customer membeli dan yang diberikan sesuai dengan yang dijanjikan dalam pemasaran.

Manfaat yang terakhir adalah cutomer mapping dapat menunjukkan perhatian khusus pada sejauh mana kita dan pesaing kita telah meluncurkan produk sesuai kebutuhan pelanggan. Grafik customer value akan terlihat naik secara vertical apabila kinerja lebih baik pada atribut yang sama atau diferensiasi horizontal dimana pesaing yang berbeda membuat atribut yang unik untuk melatarbelakangi penilaian cutomer.

 


Published at :
Written By
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close