People Innovation Excellence

Pemodelan dalam Pengembangan Sistem Informasi

Pemodelan secara umum, dimengerti sebagai proses merepresentasikan  objek  nyata atau realita sebagai seperangkat persamaan matematika, grafis ataupun bagan agar mudah dipahami oleh pihak yang berkepentingan . Lebih khusus lagi, istilah ini sering digunakan untuk proses menggambarkan konsep yang mewakili obyek-obyek  dalam pengembangan sistem informasi. Pemodelan dalam pengembangan sistem informasi, berevolusi selaras perkembangan teknologi dan metodologi pengembangannya. Kesamaan pandang diperlukan dalam pemodelan, yang akhirnya menuntut adanya keseragaman atau standar. Teknologi obyek, membutuhkan  pemodelan yang relevan, telah mendorong Jacobson dkk., menciptakan standar pemodelan untuk pengembangan sistem, dengan pendekatan obyek yang dikenal dengan UML (Unified Modeling Language). UML memiliki keuntungan yang  menghasilkan representasi yang dapat diverifikasi melalui penalaran logis, pengujian, atau bahkan simulasi. Sebagai contoh, diagram proses bisnis dapat diuji dengan mental melewati kasus imajinasi ,  melalui pemikiran  logis yang mungkin berbeda untuk melihat apakah itu merupakan upaya  menghasilkan output yang diperlukan. Ada tiga jenis  pemodelan, seperti yang digambarkan di bawah ini

 19Juni2

Pemodelan bisnis, pemodelan yang lebih menekankan  pada  proses  apa yang dilakukan  dan apa yang  tidak dalam bisnis. Ini dilakukan  sebelum menggunakan sistem informasi untuk mengotomatisasi aspek bisnis, atau untuk meningkatkan kinerja bisnis dari yang sudah ada. Jangan lupa bahwa sistem informasi hanyalah  sarana untuk melayani bisnis (yaitu, untuk mendukung proses bisnis mereka ). Jika tidak jelas proses bisnis seperti apa , maka akan sama-sama tidak jelas bagaimana sistem mungkin dapat mendukungnya. Model bisnis ini dijelaskan dalam istilah bisnis murni. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk membangun pengertian secara umum, antara pengguna bisnis dan teknologi yang pada akhirnya akan membangun solusi sistem yang tepat untuk itu. Kualitas dan kelengkapan akan model akan  mempengaruhi keberhasilan solusi akhir.

Pemodelan Bisnis menghasilkan artefak berikut :

  • End-to-end Business Processes
  • Business Process Diagram
  •  Activity Diagram
  • Action Narratives

Pemodelan aplikasi,  ini berkaitan dengan bagaimana sistem mendukung bisnis. Setelah menetapkan model bisnis yang menggambarkan alur proses bisnis apa, kita kemudian  mengajukan  solusi aplikasi yang dibutuhkan bisnis. Ini pada dasarnya adalah pandangan eksternal solusi dan menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi tersebut, tampilan dan nuansa, dan bisnis abstraksi (benda) yang diwakili oleh aplikasi. Pemodelan aplikasi membahas  persyaratan fungsional maupun non fungsional.

Model aplikasi tidak bergantung pada teknologi implementasi nya  dan terutama dijelaskan dalam istilah non-teknologi. Karenanya  menjadi cukup mudah dimengerti oleh pengguna bisnis.

Pemodelan  Aplikasi  menghasilkan  artefak  berikut :

  • Business Objects (domain class diagram)
  • Use-cases diagram
  • Scenarios (collaboration/sequence diagrams)
  • User Interface Models:
  • Dialog
  • Prototype

Pemodelan sistem ini berkaitan dengan bagaimana sistem yang diwujudkan dengan menggunakan teknologi. Pemodelan sistem sebagian besar merupakan kegiatan teknologi yang mencoba untuk menerjemahkan model aplikasi ke dalam bangunan  sistem  operasional. Pemodelan sistem harus berurusan dengan rincian spesifikasi  yang menjelaskan bagaimana bagian-bagian sitem akan diwujudkan. Misalnya, model harus berurusan dengan konstruksi khusus pemrograman, layanan middleware, model data, dan sebagainya. Model sistem , menghasilkan pandangan internal solusi, menunjukkan bagaimana bagian-bagian yang berbeda berinteraksi dalam rangka mendukung eksternal, tampilan aplikasi. Pemodelan sistem adalah di mana persyaratan non-fungsional (misalnya, platform, kinerja, throughput, skalabilitas, kemampuan pemeliharaan) dibahas. Model sistem dinyatakan dalam istilah-istilah teknis dan untuk penggunaan internal teknologi yang bekerja di dalamnya.  Pemodelan Sistem  menghasilkan  artefak  berikut :

User Interface Models:

  • Screen Specifications
  • Data
  • Data Entry Validation Rules
  • Navigation
  • Front-end Components
  • Application Server Components
  • Business Object Server Components
  • Data Access Components
  • Data Models

Perlu ditekankan bahwa keputusan desain yang dibuat dalam tiga jenis pemodelan. Dalam pemodelan bisnis kita tidak hanya merekam cara bisnis beroperasi sekarang ( proses apa adanya), perlu dipertimbangkan bagaimana itu bisa beroperasi dengan potensi manfaat memperkenalkan sistem informasi yang dapat merampingkan kegiatan usaha. Dalam pemodelan aplikasi, kita menciptakan metafora, layar, dan abstraksi yang memungkinkan pengguna akhir untuk menggunakan aplikasi ini sebagai alat yang efektif dan intuitif yang menyatu dengan proses kerja mereka, daripada menjadi hambatan bagi pekerjaan mereka. Dalam pemodelan sistem, kita menemukan artefak perangkat lunak yang secara kolektif tidak hanya menyadari kebutuhan fungsional untuk aplikasi, tetapi juga memenuhi persyaratan non-fungsional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close