People Innovation Excellence

Diagram Swimlane

Swimlane process diagram adalah sebuah diagram flow proses yang menggambarkan interaksi dari beberapa bagian yang berbeda yang terlibat dalam sebuah lini proses bisnis. Diagram ini menggunakan format jalur hubungan (swimlane), adapun menggambarkannya dilakukan dengan cara menampilkan stakeholder pada  baris diagram serta kerangka waktu pada kolom diagram; dan kemudian  aktivitasnya ditampilkan menggunakan simbol flowchart. Swim Lane Process Diagram adalah diagram yang menggambarkan aktivitas dari setiap stakeholder yang terlibat di dalam kegiatan bisnis perusahaan; diagram ini merepresentasikan flow proses yang menggambarkan interaksi dari beberapa bagian yang berbeda dan bagaimana perkembangan proses melalui beberapa phase yang berbeda. Swimlane process diagram yaitu bagan yang menggambarkan setiap Stakeholder yang ada di Line Of Business(LOB) perusahaan tersebut, yang digambarkan dengan symbol dari flowchart. Dengan demikian Swimlane process diagram merupakan activity diagram dari para stakeholder yang memperlihatkan stakeholder yang terlibat di dalam proses line of business (LOB), dan waktu pada interaksinya.

Swimlane adalah elemen visual yang digunakan dalam diagram alir proses yang menggambarkan siapa bekerja pada subset tertentu dari sebuah proses. Swimlane tersebut diatur baik horisontal maupun vertikal dan digunakan untuk mengelompokkan sub-proses sesuai dengan tanggung jawab mereka. Flowchart swimlane berbeda dengan diagram alur lain. proses dan pengelompokannya digambarkandengan menempatkannya pada jalur. Garis paralel menjadi jalur untuk pengeolompokan orang atausubproses. Jalur diberi label untuk menunjukkan bagaimana bagan di kelola. Elemen-elemen yang terdapat dalam swimlane diagram adalah : (a) Process: Aktual proses dan flow , (b) Actors: Orang, groups, teams, yang melakukan tahapan proses. (c) Phases: Menunjukkan tahapan dari project. (d)Symbols: Simbol fisik yang digunakan menggambarkan apa yang terjadi pada setiap tahapan dari proses.

Format standar sebuah swimlane diagram adalah sebagai berikut :

11

Swim lane diagram , sering disebut juga  “Deployment Process Map” atau “Cross Functional Flowchart”  adalah sebuah diagram yang merepresentasikan flow proses yang menggambarkan interaksi dari beberapa bagian yang berbeda dan bagaimana perkembangan proses melelui beberapa phase yang berbeda.

Diagram Stakeholder Activity menunjukkan stakeholder (orang yang secara pribadi berminat dalam enterprise) yang terlibat dalam proses lini bisnis, dan ketepatan dari interaksi. Diagram menggunakan format swim lane untuk mengatur stakeholder dengan baris, dan kerangka waktu dengan kolom, kemudian menggambarkan aktivitas menggunakan simbol bagan alir. Swim lane diagram adalah sebuah diagram yang merepresentasikan flow proses yang menggambarkan interaksi dari beberapa bagian yang berbeda dan bagaimana perkembangan proses melelui beberapa phase yang berbeda.  Swimlane membagi aktivitas dalam beberapa kelompok dimana setiap kelompok yang telah dibagi dibuat untuk dapat merepresentasikan organisasi yang bertanggung jawab untuk aktivitas tersebut. Setiap swimlane memiliki nama dan juga setiap aksi/aktivitas hanya berada di 1 swimlane saja.

Berikut merupakan contoh swim lane process diagram pada payroll prosesm dimana terdiri dari beberapa stakeholder yang terlibat, yaitu: human resources, employee, manager, payroll, dan payroll vendor.

22

TP/28/04/2014


Published at : Updated
Written By
Fenny Meilia, Jatniko Nur Mutaqin, Tri Pujadi
Mahasiswa S2-Binus Online
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close