People Innovation Excellence

Sistem Informasi Sertifikasi Dosen Berbasis Web

Judul Sistem Informasi Sertifikasi Dosen Berbasis Web.  (Research SI-2012-22)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Johan Muliadi Kerta, S.Kom., MM
Anggota Peneliti Vini Mariani, S.Kom., MM; Furry Arifin, S.Kom., MM

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

Program Serdos merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Penyelenggaraan program serdos saat ini masih sistem berbasis off-line, sehingga peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian untuk membuat Sistem Informasi Sertifikasi Dosen Berbasis Web.Hal ini bertujuan untuk membantu kegiatan Sertifikasi Dosen dan untuk membantu pelaporan kinerja dosen.Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan professionalisme dalam melaporkan kinerja seorang dosen dan penilaian untuk mendapat Sertifikasi Dosen dan untuk membantu Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam mengumpulkan data dan menilai.Objek penelitian dilakukan di Universitas Bina Nusantara.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada pengisian Deskripsi Diri dosen, dapat mengirimkan file text atau mengisi pada tempat yang disediakan. Pengiriman hasil Deskripsi Diri harus diverifikasi oleh Verifikator Otomatis yang menilai berdasarkan jumlah kata saja.Untuk konsistensi dan keabsahan Deskripsi Diri harus diverifikasi secara manual oleh penilai. Penilai akan mendapatkan notifikasi ketika Deskripsi Diri dari dosen yang mengisi telah melakukan pengiriman (submit) di system.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, pengisian secara online dapat dilakukan secara batch baik pengisian langsung di tempat yang disediakan atau melalui file text yang dikirim (export) melalui system tersebut. Pengisian dengan cara seperti ini dapat membantu dosen dalam mengatur waktu yang diperlukan untuk mengisi kelengkapan dokumen untuk sertifikasi dosen. Sistem notifikasi baik kepada dosen yang bersangkutan maupun penilai dapat membantu untuk mengingatkan proses yang sedang berjalan sehingga dapat membantu proses pengisiannya.

 

Kata kunci : Serdos, verifikasi otomatis, web


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close