People Innovation Excellence

Model Pengembangan Knowledge Management Systems Aktivitas Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup

Judul Model Pengembangan Knowledge Management Systems Aktivitas  Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup (Reserach SI-2012-03)
Skema Penelitian dana internal (HIBAH BINUS)
Tahun Anggaran 2012
Ketua Peneliti Dr. Wahyu Sardjono, MM
Anggota Peneliti Tri Pujadi, S.Sos,MM; Prasetya Cahya Saputra, S.Kom,MM

 

RINGKASAN DAN SUMMARY

Dalam mendayagunakan sumberdaya alam untuk memajukan kesejahteraan manusia, disadari perlunya pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan, dan memperhitungkan kebutuhan generasi mendatang. Lingkungan hidup adalah Karunia dan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa kepada Rakyat dan Bangsa serta merupakan ruang atau tempat tinggal bagi kehidupan. Di sisi lain Teknologi Informasi (ICT) yang berkembang dengan cepat,  mampu mengubah cara pandang dan cara kerja manusia pada era informasi saat ini. Kolaborasi antara pengetahuan lingkungan hidup dan pelestariannya dengan pengetahuan ICT dapat dikembangkan menjadi sebuah sistem  pengelolaan, pengetahuan tentang lingkungan Environmental Knowledge Management Systems  (Environmental KMS). Pendekatan efisiensi dan kefektifan pada ICT yang meliputi variable ketepatan waktu, kapasitas, relevansi, aksesabilitas, fleksibilitas, akurasi dan realibilitas dapat dipakai untuk mengeksplorasi faktor-faktor penentu keberhasilan sosialisasi pelestarian lingkungan hidup berbasis masyarakat sebagai sentra partisipan. Selanjutnya dengan metoda statistik multivariate dan analisa faktor dapat dihasilkan variable baru yang dapat dinyatakan sebagai indikator hasil penelitian dan pengujian model. Dengan dirumuskannya faktor penentu keberhasilan tersebut selanjutnya dikembangkan model pembelajaran maya, guna meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pelestarian lingkungan. Hasilnya sebuah model prototyp aplikasi-environmental KMS atau e-learning yang akan diuji-cobakan pada beberapa wilayah masyarakat khususnya di sekitar Jabodetabek.

Picture1

Kata Kunci: Pelestarian, Lingkungan Hidup, Knowledge Management, e-learning (E-Learning KMS)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close