People Innovation Excellence

Profesi sebagai IS/IT Auditor

Pekerjaan sebagai seorang IS Auditor cocok untuk mereka yang selalu ingin belajar, karena memang mengharuskan untuk memahami berbagai jenis proses bisnis dari beragam industri, selain itu juga harus mengerti implementasi TI untuk setiap proses bisnis. Mengerti kedua hal tersebut penting karena tugas IS Auditor memastikan semua risiko sudah diantisipasi oleh penggunaan control yang efektif.

Banyak hal menarik yang bisa didapatkan oleh IS Auditor dalam pekerjaannya sehari-hari yang belum tentu dapat dilakukan oleh banyak profesi lainnya, seperti misalkan untuk mendapatkan akses ke setiap lingkungan IT yang ada di setiap organisasi. Namun hal tersebut juga diiringi dengan tanggung jawab yang besar, karena dengan menjadi IS Auditor kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari system yang digunakan oleh perusahaan/organisasi yang kita audit (auditee).

Seorang IS Auditor sebetulnya cukup terbuka untuk melakukan fraud tetapi pada dasarnya seorang IS Auditor professional tidak akan melakukan hal yang tidak etis karena naturenya seorang IS Auditor pasti selalu tergerak untuk berusaha mengendalikan dan mengamankan system IT sebuah organisasi.

Berdasarkan sharing knowledge dari seorang Senior IS Auditor di sebuah bank swasta terkemuka di Indonesia, untuk menjadi seorang IS Auditor khususnya Internal IS Auditor di Bank di perlukan 3 knowledge yang harus terus menerus dimiliki dan diasah, yaitu:
1. Banking Operation
2. IT System
3. Human Relation/Soft Skill

Ketiga hal tersebut harus dimiliki oleh IS Auditor karena dalam pekerjaannya sehari-hari sangat-sangat membutuhkan keseimbangan 3 hal tersebut. So, bagi kalian semua mahasiswa/I School of Information Systems, mulailah sedari dini, sedari semester awal sudah harus bisa menentukan ingin berprofesi apa kalian kedepannya. Tenang saja, ada banyak pilihan profesi yang bisa digeluti oleh kalian di bidang system informasi. Dari mulai Profesi sebagai seorang Sistem Analis, Bisnis Analis, Project Manajer sampai dengan IS Auditor.

Kemudian, bagaimana cara memahami Proses Bisnis di dalam sebuah organisasi ? School of IS membekali para mahasiswanya dengan memberikan matakuliah-matakuliah yang mempelajari proses bisnis dan juga membekali para mahasiswa dalam memahami IT System dengan membekali mahasiswa matakuliah-matakuliah seperti Konsep SIstem Informasi, Analisa dan Perancangan sistem Informasi, Programming dan lainnya. Kemudian untuk membekali mahasiswa yang spesifik ingin menjadi seorang professional IS Auditor, untuk mereka yang memilih program IS Audit mendapatkan matakuliah-matakuliah yang dirancang sesuai dengan kurikulum Asosiasi IS Auditor seluruh dunia (www.isaca.org) yaitu seperti: IS Audit Fundamental dan Advance, IS Control, IT Governance, Business Continuity and Disaster Recovery, dan lainnya. Kemudian untuk mempertajam lagi kemampuan mahasiswa di bidang human relation atau soft skill, beberapa matakuliah menerapkan penilaian EES (Employability and Entrepreneurial Skill) dimana mahasiswa dalam proses pembelajarannya tidak hanya dinilai berdasarkan kemampuan teknis nya saja namun juga bagaimana mereka mampu melakukan kerjasama dengan rekan-rekannya di kelas. Hal ini bertujuan untuk lebih melatih lagi kemampuan soft skill mereka ketika sudah berada di dunia kerja nantinya.

So, jangan ragu lagi untuk menimba ilmu di School of IS, kalian bisa memilih program mana yang kalian suka dan sangat terbuka lebar dan permintaan yang cukup tinggi sebagai lulusan Sistem Informasi untuk dibutuhkan didunia kerja nantinya ketika kalian lulus. Jangan patah semangat, apa yang kalian tanam itulah yang kalian tuai.

Sukses untuk kita semua.

Salam,
Siti Elda Hiererra
D3745
Faculty Member Shool of IS
Rumpun Ilmu: IS Audit Strategy


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. makasih artikelnya, aku jadi punya sedikit gambaran mau jadi apa sehabis kuliah, dan sedikit dapat jawaban dari pertanyaan “untuk apa sebenarnya mata kuliah RPL” hehehe ..

    konon, mata kuliah ini gampang dimengerti tapi malas ngikutinnya karena memang gak suka.

  2. wah bagus bngt artikel nya..,
    pas bngt, sy lg mempelajari ttg audit si..

  3. Makasih infonya,jadi semakin semangat nih, hihi

  4. cukup membantu untuk artikelnya

    My blog

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close