Acara PreFYP School of Information Systems Binusian 2028 BINUS@Kemanggisan
Pada Senin, 24 Juni 2024, School of Information Systems Binusian 2028 mengadakan acara seru bertajuk PreFYP dengan tema “Creative Thinking with Makey-Makey”. Acara ini dihadiri oleh teman-teman dari Binusian 2028 dan dirancang untuk membangkitkan semangat inovasi dan berpikir kreatif di kalangan mahasiswa melalui penggunaan Makey-Makey. Dengan suasana yang penuh antusiasme, acara dimulai dengan penjelasan mendetail mengenai Makey-Makey, sebuah alat yang memungkinkan pengguna mengubah objek sehari-hari menjadi touchpad dan menghubungkannya dengan internet. Penjelasan ini memberikan wawasan baru yang menarik bagi para peserta tentang cara kerja dan potensi Makey-Makey dalam menciptakan solusi kreatif.
Setelah sesi penjelasan, peserta dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing didampingi oleh satu mentor yang siap memberikan bimbingan. Dalam suasana kolaboratif, setiap kelompok merancang dan membuat proyek mereka sendiri menggunakan Makey-Makey. Proses pembuatan proyek ini menjadi sangat seru karena setiap peserta bersemangat mengaplikasikan konsep creative thinking yang telah dipelajari. Tidak hanya itu, kesempatan untuk bekerja sama dengan teman-teman dan didampingi oleh mentor yang ahli menambah keseruan dan keasyikan acara ini.
Presentasi proyek yang dilakukan oleh masing-masing kelompok menjadi momen puncak yang penuh dengan kejutan dan inovasi. Melihat berbagai ide kreatif yang dihasilkan, para peserta semakin termotivasi untuk berinovasi. Juri kemudian menilai proyek-proyek tersebut berdasarkan inovasi, kreativitas, dan penerapan konsep Makey-Makey, dan memilih tiga proyek terbaik yang paling menonjol. Kegembiraan memuncak saat tiga proyek dengan inovasi terbaik diumumkan, memberikan apresiasi bagi upaya keras dan ide brilian para peserta.
Juara pertama dimenangkan oleh kelompok dengan ide “The Catcher Game”. Dalam game ini, pemain harus mengumpulkan objek-objek yang berjatuhan untuk mengumpulkan skor. Yang menarik, game ini dibangun berdasarkan konsep pengumpulan poin SAT oleh mahasiswa untuk perkuliahan. Ikon pemain yang digunakan adalah maskot Kak SIS dengan latar belakang kampus Kemanggisan. Proyek ini sangat memikat para juri karena menggabungkan elemen edukasi dan hiburan dengan baik, sekaligus menghadirkan nuansa familiar bagi mahasiswa.
Juara kedua jatuh pada kelompok yang mengembangkan game klasik “Brick Breaker”. Game ini dibuat pada aplikasi Scratch, dan tim membuat semua komponen dalam game secara manual tanpa menggunakan template. Hasilnya adalah sebuah game yang autentik dan menunjukkan kreativitas serta keterampilan teknis tinggi dari para anggotanya.
Juara ketiga diraih oleh kelompok dengan ide game petualangan. Dalam game ini, pemain perlu menghindari rintangan yang ada dan harus mencapai garis finish. Seperti tim juara kedua, mereka juga menggunakan aplikasi Scratch dan membuat semua komponen game secara manual tanpa template. Tantangan yang dihadirkan dalam game ini, serta tingkat kreativitas dalam desainnya, membuat proyek ini menonjol di mata juri.
Semua konsol game dalam acara ini dibuat dengan Makey-Makey yang dihubungkan dengan kardus, styrofoam, dan aluminium foil, menunjukkan bahwa alat sederhana dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman dan inovasi yang luar biasa. Setelah penilaian, peserta diberikan kesempatan untuk melihat-lihat dan mencoba proyek teman-teman mereka. Sesi ini tidak hanya menambah wawasan tetapi juga memperkuat ikatan di antara peserta melalui berbagi pengetahuan dan pengalaman. Acara PreFYP ini benar-benar memberikan pengalaman yang seru dan edukatif, menginspirasi para mahasiswa untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif dengan Makey-Makey.