Rangkuman Jurnal SINTA Identification of Evaluation Results in E-Banking Services Transaction for Product Using the BIRCH and Davies Bouldin Index Method
Berikut ini akan merangkum detail Journal yang berjudul “Identification of Evaluation Results in E-Banking Services Transaction for Product Using the BIRCH and Davies Bouldin Index Method” Dimana jurnal ini telah terbit di SINTA 2 INFOTEL (Informatics, Telecommunication, and Electronics) pada tanggal 31 Mei 2024. Vol.16. No 2. ISSN: 2085-3688 dan E-ISSN: 2460-0997. Berikut link rujukannya : https://ejournal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/infotel/article/view/1116
Penelitian ini bertujuan membantu proses rekomendasi produk promosi dalam layanan transaksi e-banking dengan menggunakan analisis data. Metode clustering BIRCH yang didukung oleh Davies Bouldin Index digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan tingkat penggunaan layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data dapat dikelompokkan berdasarkan layanan yang memiliki tingkat penggunaan rendah seperti Deposito, Kartu Kredit pada Layanan Mobile, OVB, dan Transfer Antar Bank pada Layanan Mobile. Informasi ini dapat digunakan bank untuk meningkatkan promosi produk. Layanan transaksi e-banking yang mencakup transfer dana, pembayaran tagihan, pengecekan saldo, dan aktivitas perbankan lainnya diminati pelanggan karena kemudahan akses, efisiensi waktu, dan kenyamanan. Promosi layanan ini dilakukan melalui berbagai saluran pemasaran seperti media sosial, televisi, radio, dan koran. Tantangan dalam promosi meliputi kekhawatiran tentang keamanan dan batasan regulasi.
Metodologi Penelitian:
Penelitian ini menggunakan metode clustering untuk mengevaluasi data layanan transaksi e-banking dari PT. XYZ. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, pra-pemrosesan data, dan pemodelan data menggunakan metode clustering. Metode clustering yang digunakan meliputi K-Means, Minibatch K-Means, dan BIRCH.
Pengumpulan Data:
Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pihak perbankan, dan studi literatur. Data transaksi e-banking dari tahun 2016-2023 digunakan sebagai referensi untuk evaluasi layanan.
Pra-Pemrosesan Data:
Tahapan pra-pemrosesan data meliputi pembersihan data, transformasi data, dan pengkodean variabel kategorikal untuk memastikan data berkualitas baik dan siap digunakan dalam analisis atau pemodelan.
Pemodelan Data:
Pemodelan data dilakukan menggunakan metode clustering untuk mengelompokkan data berdasarkan kesamaan atribut. Evaluasi hasil clustering menggunakan skor Davies-Bouldin untuk memilih metode terbaik.
Hasil dan Diskusi:
Hasil clustering menunjukkan bahwa layanan dengan tingkat penggunaan rendah dapat diidentifikasi dan digunakan sebagai referensi untuk meningkatkan promosi produk oleh bank. Penerapan hasil evaluasi ini diharapkan dapat meningkatkan penggunaan layanan e-banking oleh pelanggan dan nilai layanan bank. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa layanan perlu ditingkatkan dalam promosi, seperti Deposits, OVB, dan ATB Transfers melalui layanan mobile. Hasil ini dapat membantu meningkatkan penggunaan layanan e-banking dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Kesimpulan:
Penelitian ini berhasil mengidentifikasi layanan e-banking dengan tingkat penggunaan rendah menggunakan metode clustering BIRCH dan Davies Bouldin Index. Hasilnya dapat digunakan oleh bank untuk strategi promosi produk yang lebih efektif, sehingga meningkatkan adopsi dan nilai layanan e-banking dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa BIRCH dan Davies Bouldin Index adalah metode yang tepat untuk digunakan dalam analisis data e-banking transaksi.
Sumber : Journal “Identification of Evaluation Results in E-Banking Services Transaction for Product Using the BIRCH and Davies Bouldin Index Method” Dimana jurnal ini telah terbit di SINTA 2 INFOTEL (Informatics, Telecommunication, and Electronics) pada tanggal 31 Mei 2024. Vol.16. No 2. ISSN: 2085-3688 dan E-ISSN: 2460-0997.
https://ejournal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/infotel/article/view/1116. Berikut link rujukannya : https://ejournal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/infotel/article/view/1116