School of Information Systems

User Interface, User Experience, dan Usability dalam Knowledge Management (Part 2)

Kategori untuk navigasi

  1. Struktur organisasi internal — misalnya, Keuangan, Sumber Daya Manusia
  2. Taksonomi formal: industri atau internal — misalnya, Standar Klasifikasi Industri Global, taksonomi perusahaan
  3. Produk dan Layanan — mis., Android, Konsultasi Strategi & Operasi
  4. Topik — misalnya, keamanan, manajemen rantai pasokan
  5. Industri — misalnya, elektronik, farmasi
  6. Klien — mis., GE, Pemerintah AS
  7. Mitra — mis., Ford, Microsoft
  8. Lokasi — mis., Amerika Latin, Detroit
  9. Spesialisasi dan Peran — misalnya, manajemen proyek, arsitek informasi
  10. Demografi — misalnya, karyawan baru, pensiunan

Antarmuka pengguna untuk ditawarkan

  • Navigasi
  • Mencari
  • aspek
  • Terkait (sejak Anda mengunduh X, coba Y)
  • Indeks A-Z
  • Tag
  • Bookmark
  • Diurutkan berdasarkan:
  1. Paling banyak dikunjungi atau diunduh
  2. Paling disukai
  3. Paling sering digunakan kembali — tambahkan tombol “Saya menggunakan kembali dokumen ini” atau “Saya menemukan ini berguna”, mirip dengan tombol “Suka”, tetapi lebih spesifik, untuk semua konten, dan dorong pengguna untuk mengklik tombol ini untuk konten yang mereka dapat penggunaan kembali
  4. Paling banyak ditandai — izinkan konten untuk ditandai dengan “disarankan” atau “contoh yang baik” atau “praktik yang terbukti”
  5. Terbaru

Pilihan interaksi yang fleksibel untuk disediakan

  • Mobiler — optimalkan untuk perangkat seluler
  • Suara — menerima perintah suara dan menawarkan hasil melalui audio
  • Aksesibilitas — memungkinkan penyandang disabilitas untuk memahami, memahami, menavigasi, berinteraksi dengan, dan berkontribusi ke situs web

Studi Kasus — HP

  • Halaman Awal Intranet — HP Knowledge Network awalnya ditawarkan sebagai halaman intranet, dengan banyak tautan yang diatur ke dalam beberapa bagian. Itu sangat teliti, tetapi sangat padat:

  • Indeks A-Z — Bentuk navigasi alternatif menyediakan tautan yang sama, dalam urutan abjad dan dengan banyak sinonim:

  • Engagement Knowledge map — Ketika beberapa pengguna mengeluh bahwa halaman intranet dan indeks tidak memberikan konteks kapan dan mengapa sumber daya yang berbeda harus digunakan, situs ketiga dibuat yang menyematkan tautan ke dalam tahapan HP Customer Engagement Knowledge Map

  • Panduan Sederhana untuk KM: Ketika Peta Pengetahuan Keterlibatan masih dianggap terlalu rumit, antarmuka pengguna yang lebih sederhana dibuat di mana jawaban atas 9 pertanyaan hanya terungkap satu per satu berdasarkan menggerakkan kursor ke satu pertanyaan

  • Tips Pencarian — Untuk menanggapi keluhan umum bahwa pencarian tidak berhasil, atau terlalu sulit untuk digunakan, halaman tips ditawarkan:

  • Pencarian Terintegrasi — Untuk menghindari memaksa pengguna untuk mencoba pencarian beberapa kali menggunakan mesin pencari yang berbeda untuk repositori yang berbeda, halaman pencarian terintegrasi telah dibuat, memungkinkan satu permintaan untuk direplikasi secara otomatis tanpa usaha tambahan

References:

https://stangarfield.medium.com/user-interface-user-experience-and-usability-for-knowledge-management-2490dc0a50ab

Nuril Kusumawardani