School of Information Systems

PESO MODEL

PESO MODEL

Komunikasi merupakan hal utama dalam membangun sebuah brand. . Komunikasi sendiri terdiri dari beberapa elemen yaitu sender, encoder, channel, decoder, dan receiver. Sebuah brand  yang dikomunikasikan dengan baik diindikasikan dengan dapat tersampainya meaning atau value dari brand kepada customer-nya (Auler & Huberty, 2019). Seiring dengan perkembangan teknologi, berkembang pula channel-channel yang dapat digunakan sebagai media komunikasi. Tidak hanya channel yang berkembang, melainkan munculnya brand-brand baru pun tidak dapat terhidarkan. Persaingan antar brand yang kompetitif memaksa perusahaan untuk memiliki strategi yang kompetitif agar mendapatkan kepercayaan serta loyalitas customer.

Gini Dietrich merupakan seorang CEO perusahaan komunikasi pemasaran yang terintegrasi, menawarkan sebuah model baru yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam menangkap berbagai jenis media di era digital saat ini (OBI Creative, 2019). Model tersebut dikenal dengan nama PESO model. Model PESO mengambil empat jenis media – paid media, earned media, shared media, owned media – dan menggabungkan semua jenis media tersebut (Dietrich , 2020).

Gambar 1 PESO Model (sumber: (Professional Academy, n.d.))

  • Paid Media. Menjelaskan penempatan konten pada media dan platform yang harus dibayar perusahaan, misalnya spanduk, iklan bergambar, PPC, iklan, dan sponsor.
  • Earned Media. Merupakan media yang memiliki konten tentang perusahaan yang secara sukarela dipublikasikan di platform oleh orang lain, misalnya sebagai artikel di portal topik, blog, atau surat kabar online.
  • Shared Media. Berbicara mengenai konten perusahaan yang secara sukarela dibagikan oleh pengguna lain melalui media sosial, di mana konten tersebut dikomentari dan dibahas. Perusahaan memiliki pengaruh yang sangat kecil dalam hal ini, pengaruh terbesar ada pada publik. Media ini memiliki persamaan dengan earned media yang diterima, bentuk media ini juga harus “diperoleh”.
  • Owned Media. Terdiri dari publikasi konten pada platformnya sendiri yang dikendalikan oleh perusahaan, seperti situs webnya sendiri, blog perusahaan, atau saluran media sosialnya sendiri.

Tabel 1Overview of PESO Model

Media Form Channel What How Advantages Disadvantages
Paid media Semua media dan platform dimana dibayar oleh perusahaan Spanduk Iklan,

Display advertising,

Native Advertising

Pembuatan kampanye untuk masing-masing media contoh:

Google Ads, Facebook Ads, YouTube Ads, dan lainnya

Scalable,

Fast,

Controllable

Not sustainable,

Lesser Credibility contoh Earned Media

Earned media Online media Semua bentuk konten Proceeding

Penempatan teks

Guests postes

Jurnalis

Blogger

Pemasaran influencer

Kredibilitas yang tinggi Tidak dapat dikontrol,

Dapat besifat negative,

Sulit untuk diukur

Shared media Facebook

YouTube

Forum

etc

Dialog dalam forum Posting di forum

Partisipasi dalam diskusi publik

Kredibilitas yang tinggi Kontrol yang rendah (segera setelah diskusi muncul)
Owned media Semua saluran milik perusahaan: situs web perusahaan, blog, profil media sosial sendiri, buletin Semua format konten dengan fokus pada FAQ dan checklists Publikasi konten Controllable,

Inexpensive,

Durable Building an email distribution list

Jangkauan tergantung pada lalu lintas situs web ke profil media sosial: pernyataan oleh perusahaan itu sendiri tidak dapat dipercaya

 

Jenis-jenis media yang berbeda tidak hanya saling berdampingan, tetapi juga saling berinteraksi. Paid media dapat mendorong saluran owned media dan shared media. Earned media dapat meningkatkan keberhasilan persepsi konten di owned media. Hal ini disebut “media konvergensi” (Auler & Huberty, 2019).

Secara umum, PESO Model bergantung pada dua hal yakni (Dietrich, Communicators: It’s Time to Step Up and Own the PESO Model, 2020):

  1. Komunikasi yang mengandalkan tulisan dan story telling yang luar biasa
  2. Komunikasi yang mengandalkan keterampilan membangun hubungan yang pintar.

Referensi

Auler, F., & Huberty, D. (2019). Content Distribution. Germany: Springer Gabler.

Dietrich , G. (2020, February 15). What is The PESO Model? Retrieved from medium: https://medium.com/@ginidietrich/what-is-the-peso-model-ea891b8a153f

Dietrich, G. (2020, February 25). Communicators: It’s Time to Step Up and Own the PESO Model. Retrieved from medium: https://medium.com/@ginidietrich/communicators-own-peso-model-1ca8cbf14487

OBI Creative. (2019, April 9). An Intro to the PESO Model From Its Creator, Gini Dietrich. Retrieved from obicreative: https://www.obicreative.com/gini-dietrich-peso/#:~:text=The%20PESO%20model%20reflects%20the,over%20the%20past%20twenty%20years.&text=The%20Peso%20model%2C%20which%20Dietrich,marketing%20efforts%20don’t%20suck.

Professional Academy. (n.d.). MARKETING THEORIES – PESO TOOL. Retrieved from professionalacademy: https://www.professionalacademy.com/blogs-and-advice/marketing-theories—peso-tool

 

Inggried Kurniawan