Landing Page VS Home Page

Landing Page
Adalah daerah atau layar dimana user pertama kali sampai di website, biasanya dari promotion ads. Bertujuan membuat user yang awalnya passive menjadi active user, seperti contohnya dengan membuat akun, berlangganan, atau membeli produk di website. Artinya akan ada sebuah tombol di dalam Landing Page yang membuat user akan menjadi aktif.
Kenapa Landing Page Penting?
Secara sederhana, semakin banyak pilihan yang diberikan maka semakin sulit untuk mengambil keputusan. Jika kamu memiliki sebuah tujuan jangka pendek yang spesifik, Landing Page adalah channel digital marketing yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.
Home Page
Daerah atau layar user pertama kali sampai di website, biasanya dari browser. Konten-konten dalam Homepage biasanya cenderung memperkenalkan informasi mengenai bisnis, layanan ataupun product yang ditawarkan. Perlu memerhatikan headlines, text, contrast, dan tata letak sehingga user akan tertarik menggunakan website. Halaman ini biasanya mencakup menu navigasi, elemen visual yang menarik, dan link penting yang mengarahkan user untuk menjelajah lebih lanjut.
Fungsi Homepage:
- Mengarahkan user: berfungsi sebagai pintu masuk utama untuk pengunjung website, memberikan arah pertama pada konten dan fitur yang tersedia.
- Menyajikan brand identity: tempat untuk menampilkan logo, tagline, dan elemen branding lainnya, membantu memperkuat brand identity di mata pengunjung.
- Mendorong konversi: homepage sering dirancang untuk mendorong konversi, baik itu download konten atau penjualan produk
Kesimpulan
Jadi, perbedaan utama antara landing page dan homepage terletak pada tujuan dan fokusnya. Landing Page khusus dirancang untuk mendorong para pengunjung atau user untuk melakukan tindakan tertentu sedangkan Homepage sebagai pengantar dan pengenalan bisnis secara umum.
Source: https://www.canva.com/id_id/